//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Soal Aliran Dana Gatot ke Patrice Rio, Ini Penjelasan NasDem

Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella

Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella. (Foto: partainasdem.org)

KPK melakukan pemeriksaan terhadap Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella sebagai saksi untuk kasus Gubernur Gatot Pujo Nugrohodan istri mudanya Evy Susanti, di gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2015) sekitar pukul 9.15 WIB.

Rio dipanggil karena KPK ingin mendalami adanya pertemuan antara para petinggi NasDem dengan Gatot sebelum peristiwa penyuapan terjadi.

Sebelumnya, anak buah OC Kaligis, Yagari Bhastara Guntur melalui pengacaranya, Haeruddin Massaro memang pernah mengungkapkan bahwa penyidik pernah menanyakan soal adanya pertemuan antara Gubernur Gatot, Wagub Tengku Erry, Ketum NasDem Surya Paloh, Sekjen Patrice Rio Capella dan OC Kaligis yang saat itu menjabat sebagai Ketua Mahkamah Partai NasDem. Dalam pertemuan itu sempat dibahas soal kasus Bansos Sumut yang tengah ditangani Kejari Sumut.

Saat itu, Gatot meminta ‘bantuan’ untuk menyelesaikan kasus Bansos. Kaligis saat itu lalu menawarkan agar menempuh jalan PTUN.

Selain itu, disebut pula akan ada bantuan dari beberapa pihak untuk menyelesaikan kasus Bansos. Gubernur Gatot pun lalu merasa tenang dan menjalankan segala saran yang disampaikan dalam pertemuan di kantor NasDem Sumut itu.

Pada Jumat (25/9/2015), usai diperiksa KPK, Gatot mengakui adanya pertemuan dengan petinggi NasDem tersebut. Belum jelas benar apa dan bagaimana pertemuan Gatot dan Evy dengan Patrice serta beberapa yang lain. Namun selain Gatot, Evy juga dicecar sejumlah pertanyaan oleh wartawan di KPK dan mengakui adanya pertemuan itu.

“Ada soal aliran dana ya bu?” tanya wartawan

“Iya kali,” jawab Evy.

“Apa benar ada aliran uang sampai Rp 1 M?” tanya wartawan lagi

“Enggak (Rp 1 miliar-red). Enggak segitu,” ucap Evy.

Selanjutnya Evy diam. Dia hanya menjawab akan membuka semuanya di persidangan.

Menyikapi pemeriksaan itu, Partai NasDem mendukung penuh proses hukum.

“Partai Nasdem menghormati proses hukum yg sedang dilakukan KPK dalam kasus Dugaan pemberian suap kepada hakim dan panitera pengadilan tata usaha negara (PTUN) Medan termasuk pemanggilan terhadap sekjen Nasdem Patrice Rio Capella sebagai saksi,” kata anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem, Lestari Moerdijat, Jumat (25/9/2015).

Berikut keterangan Partai NasDem lewat keterangan pers yang dibagikan ke wartawan di markas partai itu.

Sehubung dengan pemeriksaan KPK terhadap Sekjen NasDem Partice Rio Capella Rabu (23/9) sebagai saksi dalam kasus pemberian suap kepada hakim dan panitera pengadilan tata usaha negara (PTUN) Medan, berikut tanggapan DPP Partai Nasdem:

1. Partai Nasdem menghormati proses hukum yang sedang dilakukan KPK dalam kasus dugaan pemberian suap kepada hakim dan panitera pengadilan tata usaha negara (PTUN) Medan termasuk pemanggilan terhadap Sekjen Nasdem Patrice Rio Capella sebagai saksi

2. DPP Partai Nasdem telah meminta saudara Patrice Rio Capella untuk koperatif, jujur, terbuka, transparan dan terus terang menjawab pemeriksaan KPK.

3. Partai Nasdem Konsiten mengambil sikap tegas tanpa pandang bulu kepada siapa pun kadernya yang terlibat kasus hukum. Sebagaimana yang telah dilakukan DPP Partai NasDem kepada mantan Gubernur sulteng, Bandjela Paliudju (ketua Wantim DPW NasDem Sulteng), mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu (anggota Wantim DPP Partai NasDem) dan OC Kaligis (Ketua Mahkamah Partai NasDem). Sebagaimana yang berlaku dan berjalan selama ini, Partai NasDem akan memberhentikan atau mempersilakan yang bersangkutan mengundurkan diri jika terkena masalah hukum.

4. Partai NasDem tetap berpegang pada komitmen sejak partai ini didirikan yaitu partai gerakan perubahan, restorasi Indonesia, dan menjunjung tinggi moralitas, dan intergeritas, kejujuran dan mewujudkan tegaknya hukum di Indonesia.

5. Penjelasan ini diberikan untuk mempertegas sikap Partai NasDem yang terbuka, transparan, dan konsisten dalam setiap penegakan hukum.

Atas Nama Majelis Tinggi Partai Nasdem
Lestari Moerdijat

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: