//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ahok Bantah Penyebab Ikan Mati di Pantai Ancol Akibat Reklamasi

Jutaan ekor ikan berbagai jenis mati misterius di Pantai Ancol

Jutaan ekor ikan berbagai jenis mati misterius di Pantai Ancol. (Foto: Merdeka.com)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membantah ikan-ikan mati di Pantai Ancol merupakan dampak reklamasi Pantai Utara Jakarta.

“Saya kira, (reklamasi) itu enggak ada hubungannya ya (dengan ikan mati),” kata Basuki, di Balai Kota, Senin (30/11/2015).

Basuki mengaku sudah mendapat laporan perihal peristiwa tersebut. Hanya saja ia belum mengetahui penyebab pasti ikan-ikan mati terdampar di Pantai Ancol. Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta akan mengecek peristiwa itu lebih lanjut.

“Biasanya kalau musim hujan tuh dari sungai atau limbah yang tercemar ya. Hampir semua sungai yang terhubung itu (ikannya) mati,” kata Basuki.

Basuki mengatakan, harus ada sanksi tegas bagi perusahaan pencemar limbah. Sanksi terberatnya adalah penutupan atau pencabutan izin usaha.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta Liliek Litasari mengatakan penyebab kematian ikan-ikan di Pantai Ancol karena tercemar lumpur dari sungai. Lumpur tersebut terseret hingga ke laut saat hujan.

Dari hasil penelitian, limbah tersebut mengandung gas hidrogen sulfida (H2S). H2S merupakan gas yang beracun dan tidak berwarna. Peristiwa perubahan air laut akibat lumpur sudah dirasakan oleh pengelola Ancol sejak Jumat 27 November 2015 malam.

Baca: Ini Penyebab Jutaan Ikan Mati di Ancol Versi Profesor IPB

Kondisi air laut di perairan Ancol tidak bagus. Hingga akhirnya, pada Senin pagi, ditemukan puluhan ribu ikan mati yang terdampar di sepanjang Pantai Ancol.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: