Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pembawa Bendera Ditangkap, FPI: Yang Demo Bukan Kami Saja Tapi Umat Islam

Anggota ormas membawa bendera RI bertuliskan Arab

Anggota ormas membawa bendera RI bertuliskan Arab. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Polisi akhirnya menangkap NF, pelaku yang membawa bendera RI bertuliskan Arab di Pasar Minggu, Jaksel. Ia diduga membawa bendera tersebut saat Front Pembela Islam (FPI) berunjuk rasa di depan Mabes Polri pada Senin lalu.

“Tadi malam kita sudah mengamankan satu orang laki-laki ya di Pasar Minggu. Yang bersangkutan berinisial NF,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Polisi mengamankan bendera berlafaz ‘Laa Illaha Illallah’ dan gambar pedang di bawahnya, juga motor yang digunakan pelaku pada saat aksi demo. Saat ini NF masih diperiksa polisi. Karena itu, kata Argo, polisi belum bisa memastikan apakah NF bergabung dengan demo tersebut sebagai penyusup atau justru masuk dalam rombongan utama sebagai anggota FPI

“Nanti kita kenakan Pasal 26 UU No 24 tahun 2009 tentang lambang negara, ancamannya 5 tahun,” ungkap Argo.

Lalu apa tanggapan FPI?

Demo di depan Mabes Polri pada Senin (16/1/2017) diketahui diinisiasi oleh FPI. Massa FPI melaporkan Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan ke Propram Mabes Polri terkait dengan posisinya sebagai Ketua Dewan Pembina GMBI. Ormas GMBI dan FPI terlibat bentrokan di Bandung pada Kamis pekan lalu.

Panglima Laskar FPI Maman Suryadi mengatakan aksi unjuk rasa pada Senin kemarin tidak hanya diikuti oleh FPI. Menurut Maman, ada banyak elemen masyarakat lainnya yang bergabung dalam aksi itu.

“Saya tidak tahu ya itu penyusup atau bukan. Yang jelas itu kan jemaah. Yang demo bukan FPI aja. Itu umat,” ujar Maman ketika dikonfirmasi, Jumat (20/1), seperti diberitakan Detikcom.

Maman, yang juga turut hadir pada demo Senin kemarin, merasa heran atas penyidikan yang dilakukan kepolisian terkait dengan bendera ini. Menurutnya, banyak kasus penghinaan terhadap bendera yang dibiarkan saja.

“Saya bingung nih, kok polisi mempersoalkan. Saya bingung ini negeri maunya apa gitu lho. Saya nggak tahu nih siapa yang bawa. Kita nggak tahu siapa yang membawa bendera itu,” kata Maman.

“Itu yang bakar-bakar bendera nggak pernah dipermasalahkan. OPM segala macam. Ini yang begini kok dipermasalahkan,” sambung Maman.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: