Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Mengenal 5 Orang Saksi dalam Sidang Ke-7 Kasus Ahok

Ahok saat menjalani persidangan Lanjutan dugaan penistaan agama

Ahok saat menjalani persidangan Lanjutan dugaan penistaan agama. (Detikcom)

Anekainfouniknet. Sidang perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali dilanjutkan pada Selasa (24/1/2017). Ada 5 orang yang akan dihadirkan sebagai saksi dalam sidang ke-7 ini.

Ada 3 orang saksi pelapor yang dihadirkan oleh jaksa. Selanjutnya 2 saksi fakta akan dimintai keterangan.

3 orang saksi pelapor tersebut yakni Ibnu Baskoro, Muhammad Asroi Saputra dan Iman Sudirman. Ketiga saksi dari Front Pembela Islam (FPI) ini pernah mangkir dalam persidangan sebelumnya. Untuk Ibnu Baskoro tercatat sudah mangkir dua kali persidangan. Sedangkan Asroi dan Iman mangkir pada persidangan sebelumnya.

Ibnu Baskoro dan Hanny Kristianto melaporkan Ahok ke Polres Bogor

Ibnu Baskoro dan Hanny Kristianto melaporkan Ahok ke Polres Bogor. (Istimewa)

Ibnu Baskoro pernah bekerja lama di Perusahaan Sepatu Bata Jakarta, dari tahun 1994 sampai terakhir menjadi Direktur HRD di PT Batu Bata tahun 2010. Tahun 2010 sampai 2015 menjadi Presiden Direktur PT Dasa Manunggal Sejahtera di Cibubur-Bekasi. Kini, Ibnu Baskoro mengaku sebagai seorang ustadz dan muballigh serta menjadi pengurus di Masjid Darussalam, Kota Wisata Cibubur.

Baca juga: Semuanya Terkait FPI, Ini Profil 4 Saksi Pelapor pada Sidang Ahok Hari Ini

Saat melaporkan Ahok, Ibnu didampingi oleh Tim Hukum dari Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) yang merupakan “tandingan” Komnas HAM yang dibentuk oleh Front Pembela Islam (FPI) yang digagas oleh Imam Besar FPI, Rizieq Shihab, Munarman dan Hariadi Nasution alias Ombat. Selain didampingi oleh Tim PUSHAMI, Ibnu Baskoro juga dibela oleh Tim Pembela Muslim (TPM) yang sudah terkenal membela pelaku-pelaku teroris di Indonesia.

Sedangkan Muhammad Asroi Putra adalah koordinator aksi massa gabngan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan FPI saat menggelar aksi menuntut penegakan proses hukum terhadap Ahok di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Jumat (21/10/2016).

Muhammad Asroi Putra, saksi pelapor Ahok

Muhammad Asroi Putra, saksi pelapor Ahok

Asroi melaporkan Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama pada tanggal 21 Oktober 2016. Ia pernah menjadi Ketua Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Padang Sidempuan. Dia pernah menjadi Wakil Sekretaris Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dan kini Pengurus FPI Padangsidimpuan.

Sementara, Iman Sudirman adalah Ketua HMI Cabang Palu periode 2016-2017 yang melaporkan Ahok kepada penyidik Polda Sulteng dalam kasus penistaan agama pada 9 Oktober 2016. Ia juga menjadi Kordinator Lapangan aksi menuntut proses hukum Ahok di depan Markas Polisi Daerah (Mapolda) dan DPRD Sulawesi Tengah pada Jum’at (4/11/2016).

Iman Sudirman, Ketua HMI Palu

Iman Sudirman, Ketua HMI Palu

Sedangkan 2 saksi lainnya yaitu Yulihardi dan Nurkholis Majid.

“Yulihardi merupakan Lurah Pulau Panggang, Kepulauan Seribu sedangkan saksi Nurkholis Majid bekerja sebagai cameraman di Dinas Komunikasi, Informasi dan Kehumasan Pemprov DKI,” sebut keterangan dari tim advokasi Ahok.

Dilaporkan Detikcom dari Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2017), sidang Ahok dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Sidang dibuka oleh hakim ketua Dwiarso Budi Santiarto. Lurah Pulau Panggang menjadi saksi pertama yang didengarkan keterangannya.

Yuli Hardi menyebut tidak ada warga yang protes saat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyampaikan pidato kala berkunjung ke Pulau Pramuka.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: