Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Kedubes Palestina Protes Bendera Negaranya Dipakai Demo

Massa bawa bendera Palestina dalam aksi 212

Massa bawa bendera Palestina dalam aksi 212. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Saat beberapa Ormas Islam menggelar aksi demonstrasi, ada sekelompok massa kerap membawa berbagai atribut yang dianggap merepresentasikan kelompoknya. Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia menyesalkan bendera negaranya dibawa-bawa dalam aksi demonstrasi.

“Banyak saudara-saudara kami, orang Indonesia, mereka komplain. Mereka pikir kalau kami berada di balik agenda demonstrasi yang ada, mereka pikir kami men-support,” ungkap Sekretaris I Kedubes Palestina untuk Indonesia Taher Hammad, Rabu (25/1/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Palestina, kata Taher, senang bila benderanya dibawa dalam acara-acara positif. Seperti pada acara-acara pemerintahan.

“Tetapi tidak dalam demonstrasi menentang pemerintahan. Kami senang bila bendera kami ada dalam acara kemerdekaan, ‘merdeka!’, tetapi tidak dalam demonstrasi melawan pemerintah,” imbuh Taher.

Kedubes Palestina juga membuat keterangan tertulis secara resmi terkait dengan hal ini. Palestina berterima kasih atas dukungan Indonesia terhadap perjuangan mereka.

Surat keberatan Kedubes Palestina

Surat keberatan Kedubes Palestina. (Detikcom)

“Orang-orang Palestina sangat bangga bahwa dukungan ini dimanifestasikan dalam berbagai cara, termasuk memakai kopiah dan kaus dengan simbol Palestina, dan mengibarkan bendera nasional kami bersanding dengan bendera Indonesia. Kedubes Palestina menyesalkan, baru-baru ini bendera Palestina dibawa-bawa selama aksi yang murni urusan dalam negeri. Ini jelas bahwa sikap yang tidak dapat diterima dan berbeda dengan aksi dukungan terhadap Palestina,” tulis keterangan tersebut.

Sementara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan Indonesia harus menghargai sikap Palestina.

“Tentu sebagai negara sahabat, kita harus hargai sikap dan pandangan mereka,” kata Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Cara untuk menghargai pandangan Palestina itu dengan cara memenuhi keinginan Palestina, yakni tak memakai benderanya untuk berdemo.

“Sebaiknya kita menghormati dan menghargai pandangan itu dengan cara memenuhi harapan mereka,” kata Lukman.

Palestina, kata dia, adalah negara sahabat Indonesia yang harus dihormati. Namun Lukman belum berkomunikasi dengan pihak Kedubes Palestina terkait hal ini.

“Saya belum tahu infonya,” kata Lukman.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: