Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Resmi Jadi Tersangka Penodaan Pancasila, Rizieq Tak Ditahan

Pemeriksaan Rizieq FPI di Polda Metro Jaya

Pemeriksaan Rizieq FPI di Polda Metro Jaya. ((ANTARA FOTO/Reno Esnir))

Anekainfounik.net. Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan penodaan Pancasila dan pencemara terhadap Sukarno. Namun Polda Jabar memastikan tidak akan melakukan penahanan terhadap Rizieq.

Rizieq disangkakan melanggar Pasal 154 a KUHP tentang penodaan terhadap lambang negara dan Pasal 320 KUHP tentang pencemaran terhadap orang yang sudah meninggal.

“Di sini tidak ada penahanan,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (30/1/2017).

Menurut Yusri, kasus menjerat Rizieq ini ancaman hukumannya di bawah lima tahun. Berbeda jika seorang tersangka dikenakan pasal yang ancaman hukuman pidananya di atas lima tahun yang harus dilakukan penahanan.

“Karena Pasal 154 a ancamannya empat tahun, dan Pasal 320 ancamannya sembilan bulan. Masih di bawah lima tahun, jadi tidak ada penahanan,” tutur Yusri.

Penetapan status tersangka Rizieq diputuskan berdasarkan gelar perkara ketiga tim penyidik Polda Jabar. Gelar perkara berlangsung selama 7 jam dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Terkait kasus Rizieq sudah ada 18 saksi yang sudah didengar keterangannya oleh penyidik berkaitan kasus tersebut.

“Penyidik meningkatkan status Rizieq Syihab dari saksi terlapor menjadi tersangka,” kata Yusri.

Menanggapi penetapan sebagai tersangka ini, FPI akan berkoordinasi dengan tim hukum.

“Saya ngobrol sama teman-teman dulu. Saya hubungi penasihat hukum dulu. Nanti saya kasih kabar,” kata Jubir FPI Slamet Ma’arif saat dihubungi, Senin (30/1/2017).

Menurut Slamet, penasihat hukum akan segera mengambil sikap. Saat ini, mereka sedang berada di Bali untuk kasus Panglima FPI Munarman.

“Nanti bagian penasihat hukum akan ambil keputusan. Karena menyangkut persoalan hukum. Saya harus koordinasi dengan penasihat hukum,” ujar Slamet.

Dia akan berkomunikasi malam ini dengan tim penasihat hukum. Hasil pertemuan akan segera dikabarkan.

“Karena kan sebagian besar lagi di Bali mendampingi Haji Munarman. Tadi baru selesai dan baru berangkat ke Jakarta. Kan Haji Munarman diperiksa di Polda Bali,” kata Slamet.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: