Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Alfito Deannova Jadi Moderator Debat Ketiga Pilgub DKI 2017

Alfito Deannova Gintings

Alfito Deannova Gintings. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan, orang yang akan menjadi moderator dalam debat ketiga pasangan cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta 2017 yakni Alfito Deannova Gintings.

Betty mengatakan, moderator disepakati oleh empat TV penyelenggara, yakni Kompas TV, Trans Corp, SCTV, dan Jak TV.

“Pastikan ini masukan dari pihak media juga. Mereka memilih tentu dari TV penyelenggara. Mereka sepakat dari beberapa nama yang ditawarkan kemudian kami memilih Mas Alfito,” ujar Betty di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017) malam. seperti diberitakan Kompas.com.

Betty menuturkan, Alfito dipilih karena independen dan sudah berpengalaman menjadi presenter di beberapa televisi. Saat ini, Alfito merupakan presenter CNN Indonesia. Dia juga sebelumnya merupakan presenter di SCTV dan TV One.

“Dia independen, tidak terlibat dengan pasangan calon mana pun, dan sudah terbiasa membawa acara-acara, host berbagai media,” kata Betty.

Adapun tema debat ketiga nanti adalah masalah kependudukan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Jakarta. Dari tema tersebut, KPU DKI merinci empat subtema, yakni pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, anti-narkotika, dan kebijakan untuk disabilitas.

KPU DKI Jakarta telah menyelenggarakan rapat koordinasi dengan tim pasangan calon pada Kamis sore tadi. Hasil rapat menyepakati bahwa durasi debat sama seperti debat kedua, yakni 150 menit.

Rinciannya, 120 menit untuk pelaksanaan debat dan 30 menit untuk iklan.

“Balik lagi, tadi kan rapat dengan tim paslon, 120 menit debat plus 30 menit iklan. Ini debat terakhir jadi betul-betul pendalaman, akhirnya kami perpanjang 120 plus 30,” ucap Betty.

Tema yang diangkat dalam debat yakni Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Jakarta. Betty mengatakan, selain tema besar tersebut, ada sub tema dari KPU RI. Sub tema tersebut akan dikoordinasikan dengan para panelis untuk dirumuskan pertanyaannya kepada pasangan calon (paslon).

“Ada tema besar dan sub tema. Sub tema itu dari KPU RI yaitu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, anti penyalahgunaan narkoba dan kebijakan terkait disabilitas,” ujar Betty.

Sama seperti penyelenggaraan debat sebelumnya, debat akan berlangsung dalam 6 segmen yaitu pengenalan masing-masing paslon, pemaparan visi-misi serta program kerja paslon, pemberian pertanyaan umum dari moderator ke paslon, saling tanya antar paslon dan penutupan.

Selain itu, jumlah pendukung yang akan diperbolehkan masuk sebanyak 100 orang untuk setiap tim pasangan calon. Jumlah tersebut dikurangi dari 120 pendukung per paslon dalam debat kedua.

Debat ketiga akan diselenggarakan pada Jumat (10/2/2017) pekan depan. Debat tersebut tetap dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Setelah debat pekan depan, Pilgub DKI akan memasuki masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye mulai 12-14 Februari 2017. Pemungutan dan penghitungan suara akan berlangsung pada 15 Februari 2017. Rekapitulasi suara mulai 16 sampai 27 Februari 2017.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: