Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Ketiga Paslon Pilgub DKI Sama-sama Yakin Menang 1 Putaran

Ketiga paslon berkumpul usai debat kedua

Ketiga paslon berkumpul usai debat kedua. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Beberapa survei menjelang pencoblosan Pilkada DKI 2017 menyebut sulit kemungkinan ada pasangan cagub-cawagub yang menang 1 putaran. Namun pandangan berbeda justru kompak disampaikan oleh tim sukses (timses) 3 pasangan cagub-cawagub itu.

Pertama, dari juru bicara pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Rico Rustombi. Dia tak ingin berandai-andai tentang putaran kedua.

“Kita lihat dulu hasilnya nanti pada saat tanggal 15 Februari itu gimana. Kita tidak mau berandai-andai untuk putaran kedua,” kata Rico, Senin (6/2/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Rico mengatakan Agus-Sylvi kini berfokus memaksimalkan sisa waktu yang ada dengan mengkonsolidasi suara yang dibangun dan diperoleh selama ini. Menurutnya, hal itu dilakukan guna memastikan pada 15 Februari nanti tidak ada penggembosan suara.

Sedangkan timses Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mengaku tidak mempersiapkan secara khusus untuk putaran kedua. Anggota timses, Wibi Andriano, mengaku tim akan maksimal memenangkan Ahok-Djarot dalam 1 putaran.

“Ya persiapannya seperti persiapan-persiapan sebelumnya. Apa yang kita lakukan adalah memang sudah maksimal, konsolidasi partai-partai, relawan,dan lain-lain. Semua persiapan kita ini khusus karena semua itu kita lakukan secara maksimal,” kata Wibi.

Wibi juga mengatakan saat ini yang dilakukan adalah menyiapkan saksi pengawas di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Baik saksi pengawas di dalam maupun di luar TPS.

Dan terakhir dari timses Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Ketua tim pemenangan pasangan nomor urut 3, Mardani Ali Sera, itu mengatakan ada target yang harus ditempuh agar Anies-Sandiaga menang 1 putaran.

“Dalam beberapa minggu ini akan mendatangi TPS-TPS, pertemuan di TPS dengan relawan. Sekarang fokus kepada target 300 suara per TPS. Kalau itu tercapai, bisa satu putaran. Dan kalau melihat perkembangannya, relawan penggerak ada 30 orang per TPS, 1 orang relawan nyari 10 orang atau rata-rata 10-15 orang per TPS. Jadi tinggal dalam waktu dekat ini merekrut sisanya,” kata Mardani.

Tentang kemungkinan putaran kedua itu tampak jelas dari beberapa survei yang dilakukan beberapa waktu lalu. Kemungkinan putaran kedua ini sangat besar mengingat dari survei itu tidak ada cagub-cawagub yang mendapat angka 50 persen lebih.

Aturan tentang hal itu termaktub dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu:

Pasal 11 ayat 1

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen) ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

Pasal 11 ayat 2

Dalam hal tidak ada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang memperoleh suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1), diadakan
pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur putaran kedua yang diikuti oleh pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua pada putaran pertama.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: