Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Jika Ahok Tak Diberhentikan, ACTA Ancam Gugat Mendagri

Suasana sidang Ahok ke-9

Suasana sidang Ahok ke-9. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) mensomasi Menteri Dalam Negeri untuk sementara memberhentikan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menteri Tjahjo Kumolo diberi waktu 3×24 jam. Jika tidak, ACTA akan melakukan langkah hukum terhadap Mendagri.

“Jika tidak diindahkan, kami akan lakukan langkah hukum, misalnya melaporkan ke Ombudsman,” kata pembina ACTA Habiburokhman, Rabu, 8 Februari 2017, di kantor ACTA, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Jika masih saja tidak memberhentikan Ahok, Mendagri akan digugat.

Wakil Ketua ACTA Ade Irfan Pulungan mengatakan Mendagri seperti memberi perlakuan istimewa kepada Ahok. Itu bisa terlihat dari pernyataan yang berubah-ubah untuk tidak memberhentikan Ahok. “Asas kesamaan hukum tidak diberlakukan pada Ahok,” kata Irfan, seperti diberitakan Tempo.co.

Wakil Ketua ACTA Ali Lubis mengatakan seharusnya Ahok diberhentikan karena menjadi terdakwa perkara yang ancaman hukumannya 5 tahun.

Ali memaparkan ada tiga alasan Mendagri harus segera memberhentikan sementara Ahok. Pertama, Pasal 83 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Undang-undang itu menyatakan kepala daerah diberhentikan sementara tanpa melalui usul DPRD karena didakwa melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun.

Kedua, jika alasan Ahok tidak bisa dibentikan sementara karena dia juga didakwa dengan pasal pidana yang ancamannya di bawah lima tahun, maka hal itu dianggap tidak berdasar. “Meski dakwaannya alternatif, tetap saja Ahok adalah terdakwa pelanggaran Pasal 156a,” kata Ali.

Dia mencontohkan kasus pemberhentian sementara Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Noviadi yang juga diancam dengan dua pasal yang ancamannya lebih dari dan kurang dari lima tahun. Noviadi didakwa Pasal 112 UU Nomor 35 Tahun 2009 yang ancamannya 12 tahun dan Pasal 157 UU yang sama yang ancaman hukumannya paling lama 4 tahun. Noviadi diberhentikan saat masih tersangka.

Ketiga, pemberhentian Ahok juga dianggap tidak tergantung pada berat hukuman dari hakim karena istilah yang digunakan dalam UU adalah ‘terdakwa’. “Begitu dia terdakwa, harus segera berhenti,” kata Ali. ACTA meminta Mendagri mematuhi ketentuan hukum dalam kasus Ahok.

Iklan

Diskusi

One thought on “Jika Ahok Tak Diberhentikan, ACTA Ancam Gugat Mendagri

  1. Ahok bukan kriminal dan perampok uang rakyat, dia punya hak untuk menjalankan amanah rakyat dan negara serta menyelesaikan tugas2nya yang dilindungi UU. Proses tersangkanya juga ganjil dan dipaksakan. Mau jadi apa negara ini jika hukum dipermainkan oleh tekanan masa dan kelompok kriminal bertopeng agama dan para politisi ambisius yg hanya mengejar kekuasaan dan tidak bertanggung jawab

    Posted by Frans Zacharias | Februari 9, 2017, 5:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: