Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Polisi: Hubungan ‘Kak Emma’ dan Firza Husein Teman Dekat

Foto diduga Kak Emma dalam acara Firza Husein

Foto diduga Kak Emma dalam acara Firza Husein. (infoteratas.com)

Anekainfounik.net. Polisi telah memeriksa sosok Emma yang disebut-sebut dalam percakapan via WhatsApp antara diduga imam besar FPI Habib Rizieq Syihab dan Firza Husein. Polisi menyebut Emma sebagai teman dekat Firza.

“(Hubungan Emma dengan Firza) teman saja,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (8/2/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Argo mengatakan Emma telah diperiksa sebagai saksi. Pemeriksaan terhadap Emma dinilai penting untuk mengetahui sejauh mana hubungan Firza dengan Rizieq.

“(Emma) saksi yang dekat dengan Bu Firza kan perlu kita mintai keterangan juga,” imbuh Argo.

Namun, soal hasil dari pemeriksaan Firza ini, Argo mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari penyidik. “Saya belum dapat info dari penyidik,” tandas Argo.

Sebelumnya, Dahlia Zein, selaku salah satu pengacara Firza, menyampaikan kliennya itu tidak mengenal sosok Emma.

“Saya juga nggak tahu Emma siapa. Firza juga tidak tahu siapa (Emma),” ujar Dahlia di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/2) lalu.

Menurut Dahlia, jika kliennya mengenal sosok Emma, sudah tentu hal itu akan disampaikan kepadanya selaku kuasa hukumnya. “Sekarang kalau dia bilang Emma, dia nyampaikan ke saya, tapi sampai saat ini tidak,” kata Dahlia.

Lalu siapakah sebenarnya kak Emma?

Nama ‘Kak Emma’ berkali-kali diulang di percakapan audio Firza Husein dalam video yang beredar di Youtube. Dilansir Tempo.co, Emma itu diduga mengetahui banyak perihal hubungan Firza dan Rizieq.

Rasa penasaran terhadap sosok Firza dan Kak Ema mendorong banyak pihak terus menelusurinya dengan berbagai cara, dan mungkin karena perburuan informasi tentang sosok Firza Husein Maskati tiba-tiba hacker Anonymus menemukan chat seks yang tersimpan dalam folder di handphone Firza.

Penampakan sosok Kak Emma

Penampakan sosok Kak Emma. (infoteratas.com)

Berikut penampakan Kak Emma dalam videonya mulai menit 1:15. Seseorang berkerudung merah tampak sama wajah dengan foto-foto diatas.

Diketahui bahwa Emma adalah teman yang memperkenalkan Firza dengan Rizieq Shihab, dengan cara mengajaknya mengikuti pengajian Rizieq Shihab. Ema juga diduga sebagai teman yang sering mengikuti berbagai kegiatan Firza Husein Maskati di Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana (SSC)

Menurut hasil penelusuran Tempo, Firza saat ini ternyata bukan warga Kota Pontianak. Dia hanya pernah menikah dan menetap di sana sebelum suaminya meninggal.

“Kalau tak salah, Firza Husein itu menantu Slamet Yusuf Al Kadrie, warga Kampung Dalam Bugis,” kata Syarifah Welly, Lurah Kampung Dalam Bugis, Pontianak. Pernikahan itu ternyata pernikahan Firza yang kedua. Sebelumnya, Firza telah menikah dan memiliki dua orang anak dan memiliki cucu. Pernikahan dengan Yusuf, Firza beroleh seorang anak perempuan.

Sumber Tempo menyebutkan, setelah Yusuf meninggal, hubungan Firza dengan keluarga mantan suaminya tidak baik. Karena itu, Firza tidak lagi memiliki rumah dan lain-lain di Pontianak. “Mobilnya pun sudah dijual. Kalau butik, saya baru dengar,” kata sumber Tempo yang tak mau disebutkan identitasnya.

Masih bersumber dari hasil penelusuran Tempo, diketahui bahwa Firza Husein Maskati adalah warga Palu. Ayahnya keturunan Arab; Husein Maskati, sedangkan ibunya memiliki garis keturunan Al Kadrie. Fairuz Husein Maskati alias Fifi Husein, adiknya Firza, merupakan salah satu petinggi Partai Persatuan Pembangunan di Palu.

Sedangkan dari hasil penelusuran lain ditemykan nama H. Husein Maskati, (ayah Firza ?), tercatat sebagai pengurus Parmusi, ormas yang berapiliasi politik pada Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Firza diketahui mempunyai banyak kegiatan keorganisasian yang bersifat sosial dan kemanusiaan. Secara aktif Firza kerap mengajak teman-teman dekatnya untuk bergabung dalam organisasi SSC.

Tidak diketahui apakah Firza juga memiliki benang merah dengan Indonesian Humanitarian Relief (IHR) yang dipimpin oleh Bachtiar Nasir. Keterkaitan Firza dalam aktivitas terduga makar seharusnya ditelusuri lebih jauh melalui organisasi sosial dan kemanusiaan yang diikutinya, yang bisa jadi memiliki benang merah dengan jaringan internasional seperti Insani Yardim Vakfi atau IHH Humanitarian Relief Foundation yang berpusat di Turki.

Sosok Firza adalah sosok yang menarik untuk diketahui lebih jauh terkait aktivitasnya sebagai tersangka pemegang dana makar. Tidak ada kabar tentang perusahaan atau jaringan bisnis yang dikelolanya. Namun Firza mendapat kepercayaan untuk memegang dana makar. Berarti ada jaringan yang memiliki sumber daya finansial yang besar berada dibelakangnya sehingga kepercayan untuk memegang dana makar bisa diembannya.

Mengaitkannya dengan Tomi Soeharto adalah hal yang meragukan, mengingat adanya somasi dari Tomi melalui kuasa hukumnya karena merasa dirugikan. Firza pernah mengatakan bahwa Yayasan SSC adalah milik Tomi Soeharto, bahkan foto Tomi kerap terpampang dalam spanduk berbagai aktivitas SSC. Namun Tomi berkebertan tentang hal itu, dan memberinya somasi pada saat Firza telah ditetapkan oleh Polri sebagai tersangka dugaan makar pada Desember lalu.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: