Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Netizen: Apapun Masalahnya, Jawaban Sandiaga Pasti Oke Oce

Sandiaga Uno di debat final Pilgub DKI

Sandiaga Uno di debat final Pilgub DKI. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Kata “Oke Oce” kini menjadi viral di sosial usai debat cagub DKI Jakarta putaran ketiga, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017). Hal ini terjadi saat calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno menjawab masalah adanya urbanisasi di ibu kota Jakarta menawarkan solusi program OKE OCE (One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship). Pertanyaan itu ditanya oleh pemandu acara, Alfito Deannova.

“Kebijakan membatasi pendatang pernah menjadi wacana, terkait itu sering dianggap bertentangan dengan HAM. Sementara itu arus tersebut terus berlanjut terkait lapangan pekerjaan di Jakarta. Apa solusi anda untuk persoalan urbanisasi tersebut,” tanya Alfito dalam debat cagub-cawagub DKI ketiga di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (10/2).

“Kami menyiapkan program OKE OCE yang menitikkan kepada 44 lokasi pusat pertumbuhan di Jakarta,” tutur Sandi.

Sandi mengungkapkan menurut data yang diperoleh 75 persen populasi terjadi di ibu kota termasuk Jakarta. Sementara itu, 90 persen PDB berada di ibu kota.

“jadi kita harus ciptakan lapangan pekerjaan. Dengan OKE OCE. Harus dipastikan anak-anak muda tumbuh dari lapangan pekerjaan tersebut,” ungkapnya.

Sandi pun mengambil contoh sepatu yang tengah ia kenakan merupakan buatan salah satu anak muda bangsa. “Salah satunya Hartono yang menciptakan sepatu ini. Ini milik bangsa bisa bersaing dan bisa menyebarkan pertumbuhannya ke daerah lainnya. Saya lihat sepatu ini sudah ada di Condet, Warakas, Tambora,” tuturnya.

“Jadi kita bisa menangkapi kewirausahaan itu menjadi fenomenal,” pungkasnya.

Jawaban “Oke-Oce” tersebut dianggap tidak menjadi solusi mengatasai urbanisasi di Jakarta. Lalu mengapa Sandi tak ‘nyambung’ menjawab pertanyaan itu. Apakah dia sengaja?

Menurut Denny Siregar, seorang seleb di sosial media, paslon 1 dan 3 diduga sengaja mengatur pertanyaan untuk mempromosikan program dan pencitraan dirinya. Sandi sengaja menjawab pertanyaan soal urbanisasi agar ia berkesempatan promosi program ‘Oke Oce’ yang selama ini dibanggakan Sandi.

Baca juga: Paslon 1 dan 3 Sudah Janjian Tak Saling Menyerang di Debat Final?

“Jelas ada komunikasi diantara kedua paslon ini. Sasaran mereka untuk menjatuhkan Ahok saja karena survey Ahok masih tinggi,” tulis Denny di akun Facebook miliknya.

Terlepas apapun alasan Sandiaga menjawab soal urbanisasi dengan hal yang tak nyambung, netizen langsung merespon hal itu dengan menyindir Sandiaga.

“Apapun masalahnya, oke oce solusinya. Ini bukan soal data, tapi soal rasa. Rasa ingin menjauh,” kata akun Twitter @habibthink.

“Apapun pertanyaannya. Modal jawaban Sandiaga cuma OKE OCE!!! (Ga tau itu apaan,cm dia yg paham),” cuit @cumisainz.

Tak hanya itu, netizen lalu mengunggah meme lucu dengan mengkaitkan “Oke Oce” tersebut.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: