Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Rutan Baru KPK: Tahanan Korupsi Tidur Berlantai Semen Bareng dengan Kakus

Ruang tahanan baru KPK

Ruang tahanan baru KPK. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Jakarta – Rumah tahanan (rutan) KPK belum sepenuhnya dioperasikan. Sampai saat ini, belum ada tahanan KPK yang menempatinya. Lalu seperti apa fasilitas ruang tahanannya?

Pada Minggu (19/2/2017), rombongan media berkesempatan menyambangi rutan KPK. Total kapasitas rutan yaitu 32 orang dengan rincian 26 tahanan pria dan 6 tahanan wanita.

Dilaporkan Detikcom, ruangan tahanan itu ada yang berukuran 2,5 meter x 2,5 meter, ada pula yang berukuran 2,5 meter x 5 meter. Setiap ruangan terdapat tempat tidur setinggi 0,5 meter. Tempat tidurnya pun istimewa yaitu berupa cor-coran semen dengan rongga di bawahnya. Di ruang tahanan itu pula, ada 1 WC duduk dan 1 keran.

Rongga di bawah tempat tidur itu digunakan sebagai lemari bagi para tahanan untuk menyimpan barang-barangnya. Tak ada ventilasi apa pun kecuali teralis yang terpasang di pintu ruangan. Satu ruangan itu bisa ditempati 3 atau 5 tahanan.

Suasana rutan yang bercat abu-abu itu memang agak pengap karena exhaust belum dioperasikan Rutan KPK dibagi menjadi 2 ruang yaitu tahanan pria dan tahanan wanita. Untuk tahanan pria ada 9 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi, sedangkan untuk tahanan wanita ada 4 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi.

“Belum diputuskan (kapan tahanan dipindah) karena ada yang harus didiskusikan lagi,” ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di lokasi.

Di dalam rutan pun terdapat 1 ruangan luas tempat para tahanan berkumpul. Selain itu, ada pula tempat terbuka dengan tembok setinggi kurang lebih 15 meter bagi tahanan untuk menjemur pakaian atau berkegiatan lainnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: