Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Gagal Paham, Netizen Goblok Ini Mengira Indonesia Berubah Jadi Indochina

Status Facebook yang mengira Indonesia berubah menjadi Indochina

Status Facebook yang mengira Indonesia berubah menjadi Indochina

Anekainfounik.net. Isu hoax soal masuknya jutaan pekerja asing asal China dan soal berkembangnya paham komunis di Indonesia rupanya sudah membuat netizen berpikir isu tersebut adalah kebenaran. Apalagi, untuk mereka yang gagal ‘move on’ pasca Pilpres 2014 yang lalu dan masih tak menerima Jokowi adalah presiden Indonesia.

Ya, belakangan muncul keributan di dunia maya dan viral di media sosial, lantaran sebuah tulisan tujuan penerbangan yang diduga terpampang di layar Bandara KLIA2, Kuala Lumpur, Malaysia.

Foto tersebut diunggah oleh seorang pengguna Facebook dengan tulisan yang dinilai provokatif.

“Pass mau check in di Bandara KLIA2 Malaysia, Pass lihat di papan info… ada tulisan ‘INDOCHINA’.. Saya tunggu mana INDONESIA tapi tetap tak muncul… Jadi dimana letak negara INDOCHINA? MIKIR dan SADAR lah saudaraku INDONESIA,” tulis akun bernama Abdi Syah pada Rabu (22/2/2017).

Postingan tersebut langsung viral dan menjadi bahan perbincangan di dunia maya, baik di Facebook maupun di Twitter.
Sejumlah netizen pun melontarkan komentar-komentar pedas dan meyakini ada oknum yang mengganti nama Indonesia menjadi Indochina.

Mereka tersulut emosi, pun melontarkan komentar provokatif pula. Padahal mereka mungkin baru pertama kali mendengar kata ‘Indochina’ dan tak mengetahui kebenarannya.

“Kenapa tidak ada yang marah ketika nama Indonesia menjadi Indochina di Bandara Kuala Lumpur?” tulis pengguna akun @sattarzain.

“Buka Mata Buka Telinga… Indochina itu dimana ?? ZOOM foto,” kicau akun @dreamorita.

Ada pula komentar pengguna Facebook dengan akun Gamal Ramli yang juga tersulut emosinya.

“Parah Klw begini…… harus segera bergerak Klw tidak indonesia akan hilang,” tulis Ramli.

Netizen ini seakan-akan mengklaim negara Indonesia dijajah oleh China dan berubah menjadi Indochina. Berpikiran sempit dan goblok bukan?

Padahal, Indochina sejatinya sebutan untuk daerah di semenanjung bekas daerah jajahan Prancis yang terpengaruh budaya India dan China. Kini, sebutan Indochina meliputi negara Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Fakta itu dijelaskan oleh sejumlah netizen untuk menenangkan mereka yang tersulut emosi dan terprovokasi.
Dan, komentar mereka pun tak kalah menohok dan menyebut mereka berpikiran ala ‘sumbu pendek’ yang menelaah informasi tanpa mau mencari tahu kebenaran suatu isu.

“Setahuku Indochina itu memang bukan sebuah negara, tp sebutan dari kumpulan beberapa negara. Semacam Skadinavia (Denmark, Norwegia, Swedia),” kicau @FianHyde.

“Indochina itu area semenanjung Asia Tenggara bekas jajahan Prancis (Vietnam-Kamboja-Laos). Disebut gt krn posisinya di antara India & China,” cuit @tygerd.

“Pertama dengar istilah ‘Indochina’ itu pas pelajaran IPS kelas 5 SD, BAB negara-negara Asia Tenggara,” kicau @Arfan_JRocks.

“Ngaku..pasti ada juga yang baru tau negara Indochina itu apa aja,” cuit @iwan_2112.

“Kurang pengetahuan ya begini, orang kalau udah benci sama seseorang, apapun yang di lakukan orang yang di bencinya pasti jelek di matanya,” kata akun Facebook bernama Tarmizi.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: