Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ini Dia Dadan Wiradana, Pasukan Oranye yang Nyemplung ke Got

Dadan, anggota pasukan oranye yang nyemplung ke got hitam

Dadan, anggota pasukan oranye yang nyemplung ke got hitam. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Sosok seorang anggota pasukan oranye yang berani menyelam ke got hitam di salah satu sudut Ibu Kota kini mendadak terkenal. Rekaman aksinya sudah tersebar ke mana-mana via jejaring media sosial karena dianggap pemuda pemberani itu.

Petunjuk-petunjuk yang dihimpun detikcom mengatakan pemuda pemberani itu bekerja sebagai personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk Kelurahan Gondangdia, Jakarta Pusat. Barangkali saja dia masih berlumur lumpur hitam, basah, dan ada di got-got Gondangdia.

Petugas-petugas di kantor Kelurahan Gondangdia, Jl Jambu Nomor 2A, menunjuk bahwa pria yang memegang sapu lidi ini adalah sosok yang dicari. Setelah didekati, pria itu membuka topi oranyenya, terlihat rambutnya disisir. Sepertinya dia baru mandi beberapa saat yang lalu. Dia tersenyum.

“Iya, saya yang kemarin nyemplung ke got. Saya Dadan Wiradana,” kata pria itu, masih memegang sapu, Kamis (23/2/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Baca juga: Viral Pasukan Oranye Nyelam di Got Kotor, Ini Tanggapan Ahok

Tak ada lagi lumpur hitam yang menempel di badannya. Kini, di bawah matahari pukul 12.00 WIB, dia menyingkirkan daun-daun, kayu-kayu kecil, dan sampah di trotoar. Masih tersisa rasa heran, alasan apa yang mendorong Dadan nyebur ke tempat menjijikkan pada 21 Februari, dua hari yang lalu, itu.

“Karena gotnya tersumbat,” jawab dia tanpa berumit-rumit kata. Simpel saja ternyata alasannya.

Got itu ada di Jalan Lombok, Gondangdia, Menteng, dekat Sekolah Katolik Santa Theresia. Saat itu kondisi genangan memang harus cepat diatasi. Kondisi ini tak bisa ditunggu lebih lama lagi. Seolah Jakarta menantang, dan Dadan meladeni tantangan itu. Nyeburlah dia.

“Itu sebagai langkah pertama, karena kalau menunggu alat dari kantor ya lama. Ya saya langsung nyemplung ke got itu,” kata Dadan.

Saat dia menyelam ke got itu, komandannya merekam dengan video. Pengambilan foto atau video tersebut memang biasa dilakukan sebagai langkah dokumentasi kerja pasukan oranye. Namun aksi Dadan kelewat gawat. Kini aksi nekatnya sudah diketahui banyak orang, dan banyak yang kagum.

“Saya sih dengar video saya ada di mana-mana. Tapi saya cuek aja. Saya sih yang penting kerja,” ujarnya santai.

Pemuda ini tampak bersemangat. Dia sudah bekerja sebagai anggota pasukan oranye selama tiga tahun. Pria lajang berusia 27 tahun ini punya tempat tinggal di Bogor, Jawa Barat. Karena rumahnya jauh, dia tinggal di kantor lurah. Cuma sekali sepekan dia pulang ke Bogor.

“Tapi KTP saya warga DKI,” kata dia.

Pria yang bekerja sebagai petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI selama tiga tahun ini menjawab dengan santai saja. Barangkali tak diduga oleh orang biasa, namun yang dirasakan Dadan saat berada di dalam got itu bertolak belakang dengan kesan buruk, jijik, atau ngeri. Justru Dadan menemukan kebahagiaan dalam joroknya limbah kota.

Bagi orang biasa tentu bakal berpikir seribu kali untuk menceburkan diri ke got, karena selain beracun, barangkali ada hewan berbahaya di dalam situ. Namun Dadan mengaku tak jeri dengan air got itu. “Nggak takut,” katanya.

Dia merasa senang dengan yang dilakukannya. Jakarta tak bisa menunggu genangan lebih lama lagi. Alasan sebenarnya tak lain dan tak bukan karena got mampet.

“Mampet karena sampah plastik, botol bekas, ya orang-orang yang buang sampah deh,” ujarnya.

Tanpa pikir panjang, Dadan dan enam orang lainnya membongkar penutup got di dekat Sekolah Katolik Santa Theresia itu. “Daripada meluap terus, ya sudah saya bongkar,” kata dia

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: