Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Datangi Ahok, Warga Lebak Bulus Pamerkan RTH Hasil Swadaya Masyarakat

Ahok melihat album foto RTH hasil karya warga Lebak Bulus

Ahok melihat album foto RTH hasil karya warga Lebak Bulus. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Leksmono Santoso, warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan, memberikan sebuah album berisi gambar ruang terbuka hijau (RTH) kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2017).

Kepada Ahok, Leksmono menjelaskan bahwa RTH itu merupakan ruang terbuka yang digarap dengan swadaya warga dan rencananya hendak dikembalikan kepada pemerintah agar bisa dikelola lebih baik.

Sebelumnya, lahan seluas 3.000 meter itu merupakan tempat pembuangan sampah oleh Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta. Leksmono mengatakan, tidak ada koordinasi antara pihak pemerintah dan warga saat pemerintah hendak menjadikan tempat itu sebagai tempat pembuangan sampah.

Leksmono menjelaskan, butuh waktu dua tahun bagi warga untuk memperjuangkan agar tempat pembuangan itu dijadikan sebuah RTH.

“Kami ngadu ke lurahnya enggak didengar, camat apa lagi. Kami sampai dua tahun untuk nutup gitu karena banyak pungli enggak jelas. Tanahnya itu punya Tata Air DKI (sekarang menjadi Dinas Sumber Daya Air),” ujar Leksmono.

Setelah mengadu ke Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, dalam waktu dua hari Leksmono mendapat persetujuan bahwa lahan tersebut boleh dijadikan RTH. Warga, kata Leksmono, sangat antusias membantu. Berbagai sumbangan diberikan warga, seperti semen dan pasir.

“Anggaran Rp 125 juta, Pak, 100 persen warga, nol persen pemerintah,” ujar Leksmono.

Pada awal Februari 2017, RTH baru selesai dibangun. Leksmono menyampaikan, lahan yang sebelumnya berbau dan kotor itu berubah menjadi lahan terbuka yang sering dimanfaatkan warga bersama keluarga mereka.

“Saya datang ke Pak Ahok ingin serahkan ke pemerintah lagi. Kami enggak minta duit balik, tapi pengin agar ditata, jangan dibongkar,” ujar Leksmono.

“Kami berharap ini jadi percontohan masyarakat, jangan nuntut doang ke pemerintah, kerjalah. Kan bisa gotong royong,” ujar Leksmono.

Mendengar hal itu, Ahok menyatakan akan segera meninjau lokasi itu.

“Saya akan datang ke sana,” ujar Ahok.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: