Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ini Alasan 10 Pejabat Imigrasi Dinonaktifkan Terkait Penangkapan WN Arab

Dua warga negara Arab Saudi di Cianjur

Dua warga negara Arab Saudi di Cianjur. (XDetik)

Anekainfounik.net. Inspektorat Jenderal Imigrasi tengah memeriksa 10 pejabat Ditjen Imigrasi yang dinonaktifkan terkait operasi pengawasan yang melibatkan 106 warga negara asing di Bogor, Jawa Barat. Pemeriksaan itu berkaitan dengan komplain dari masyarakat akan proses monitoring dan evaluasi ke Menkum HAM Yasonna Laoly.

“Jadi alasannya itu mereka dilaporkan oleh masyarakat bahwa kegiatan operasi yang berlangsung di wilayah Bogor dianggap tidak berkenan sehingga laporan masuk kepada menteri. Kemudian menteri menindaklanjuti dengan memerintahkan inspektorat jendral untuk memeriksa hal tersebut,” kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Agung Sampurno, Minggu (26/2/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Menurut Agung, komplain masyarakat itu langsung ditindaklanjuti oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham. Namun dirinya tidak bisa memberitahukan apa isi komplain dari masyarakat itu.

“Komplainnya itu seperti apa, kita tidak tahu baik apa isi komplainnya, siapa dan pihak mana saja yang komplain. Kita tidak tahu sampai pemeriksaan itu selesai. Tapi komplain seperti itu salah satu proses monitoring dan evaluasi artinya masyarakat boleh menyikapi, mencermati setiap pelayanan publik untuk memberikan keberatannya, karena itu diatur betul dalam UU,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, operasi tersebut kemudian berujung penonaktifan 10 pejabat Ditjen Imigrasi. Mereka dinonaktifkan untuk diperiksa apakah mematuhi SOP saat melakukan operasi pengawasan atau tidak.

Adapun operasi yang dimaksud itu digelar Rabu 22 Februari 2017. Tim dari Ditjen Imigrasi tidak menyasar pada warga negara asing tertentu. Namun mayoritas mereka yang terjaring adalah warga negara dari Timur Tengah.

“Ada 106 yang terjaring, 103 dari Saudi Arabia, 1 orang dari Yaman, dan 2 orang dari Maroko,” beber Agung.

Agung juga membantah bahwa operasi tersebut terkait dengan kedatangan Raja Salman. “Tidak ada hubungannya dengan kedatangan Raja Salman,” kata dia.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan

Berita Terbaru: Aneka Info Unik

Kami tidak dapat memuat data blog saat ini.

%d blogger menyukai ini: