Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pelaku Bom Cicendo Pernah Dilatih di Aceh dan Divonis 3 Tahun Penjara

Kondisi pelaku bom panci Cicendo usai dilumpuhkan polisi

Kondisi pelaku bom panci Cicendo usai dilumpuhkan polisi. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan Yayat Cahdiyat (42), pelaku bom panci di Taman Pendawa, Bandung, seorang residivis 2011. Menurutnya, pelaku pernah ditahan karena pernah ikut latihan teror di Janto, Aceh Besar, pada 2011 dan divonis 3 tahun penjara.

“Yang bersangkutan ini sudah diketahui identitasnya. Dia sudah di-profile pernah ikut latihan di Aceh Janto, Aceh Besar, dan dulu saat itu saya pimpin operasinya tahun 2011, saat itu tertangkap sekitar 70 orang di dalamnya, termasuk dia. Dulu masuk dalam jaringan JAD,” kata Tito setelah menjadi salah satu penguji Menteri PAN-RB dalam sidang terbuka S3 Ilmu Ekonomi Islam di Kampus C Unair, Surabaya, Senin (27/2/2017), seperti diberitakan Detikcom.

“Jadi yang bersangkutan sudah diketahui identitasnya dan sudah divonis 3 tahun dan bebas,” imbuhnya.

Saat itu, kata Tito, tertangkap sekitar 70 orang, termasuk pelaku bom Taman Pendawa tersebut. Namun Tito belum mau menyebut nama pelaku tersebut.

“Dulu masuk dalam jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah) Bandung afiliasi ke Aman Abdurrahman (Maman). Jadi dalam peta jaringan teror, yang bersangkutan sudah pernah ditangkap, kita tahu profilnya dan sekarang tim sedang melakukan pendalaman terhadap jaringan yang lain,” ungkap Tito.

Selain identitas pelaku bom yang meninggal dalam perjalanan, Tito mengaku sudah mengantongi identitas satu pelaku lain yang kabur.

“Yang satu melarikan diri, tapi sudah kita tahu identitasnya,” tutup Tito.

Dilansir Tribun Jabar berdasarkan fotokopi KTP yang warga temukan di lokasi, Yayat, kelahiran Purwakarta 24 Juni 1975 adalah warga RT 3/1 Kampung Cukanggenteng, Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasir Jambu. Warga menyebut wajah terduga pelaku yang lari ke kantor Kelurahan Arjuna menyerupai foto di fotokopi KTP yang tercecer di lokasi kejadian.

Baca juga: Pelaku Bom Cicendo Bernama Yayat Cahdiyat, Profesi Penjual Bubur

Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan menyebut, bom panci meledak di Taman Pandawa, Jalan Pandawa, yang berjarak sekitar 100 meter dari kantor Kelurahan Arjuna. Kemudian pelaku peledakan bom panci dikejar massa lalu bersembunyi ke kantor kelurahan itu.

Baca juga: Siswa SMA Sempat Menantang Duel Pelaku Bom Bandung

“Bom rakitan, low explosive. Itu bom panci berisi paku. Paku berhamburan. Tidak ada korban jiwa saat bom meledak. Pelakunya ini satu orang,” ucap Anton.

Polisi masih menyelidiki soal sasaran peledakan dan motif pelaku melakukan teror. “Identitasnya belum diketahui. Kalau keterangan saksi, pelaku memiliki tuntutan agar pelaku-pelaku yang ada di Densus dibebaskan,” ucap Anton.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: