Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Habib Rizieq Bersaksi di Sidang Ahok, Massa FPI Padati Gedung Kementan

Rizieq Shihab tiba di gedung Kementan

Rizieq Shihab tiba di gedung Kementan. (Sonora FM)

Anekainfounik.net. Sidang ke-12 kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) digelar hari ini. Hadir sebagai saksi dalam sidang nanti yakni Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab. Massa mulai berdatangan ke gedung Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan untuk mengawal kedatang Rizieq.

Seperti dilaporkan detikcom, Selasa (28/2/2016) pukul 06.30 WIB, massa dari pihak kontra sudah berdatangan. Beberapa dari mereka mengenakan atribut FPI. Tenda-tenda kesehatan dan posko korban banjir juga sudah dipersiapkan.

Lagu-lagu bernuansa islami sudah terdengar dari kubu kontra. Sementara itu, nampak terlihat aparat kepolisian sedang melakukan apel untuk menjaga keamanan. Di sekitar massa, beberapa kawat berduri telah dipasang oleh pihak kepolisian.

Begitupun dengan massa pro. Mereka tengah melakukan persiapan di mobil komando. Massa dari kubu pro nampak mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan mengatakan akan memperkuat pengamanan di depan Gedung Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Kalau untuk penanganan tidak ada pengamanan khusus, kita tetap menggunakan kegiatan pola pengamanan yang sama seperti di minggu lalu. Cuma pola pengamanan kembali pada ke awal dengan perkuatan lebih besar di depan,” ujar Iwan, di gedung Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2017).

Sedangkan soal personel, Iwan mengatakan tidak ada penambahan. Hanya personel di titik-titik yang tidak terlalu rawan akan dipindahkan ke depan gedung. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Khususnya setelah ada ajakan melalui media sosial untuk mengikuti sidang Ahok hari ini.

“Kita mengambil dari anggota yang di titik-itik yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan kita geser ke depan (gedung),” imbuhnya.

“Saya melihat di media sosial ada ajakan untuk mengikuti sidang di dalam ruang sidang maupun yang akan unjuk rasa di depan gedung Kementan. Oleh sebab itu polanya kami rubah di mana titik-titik yang lebih rawan kita tambah perkuatannya,” tambahnya.

Untuk jumlah massa, baik pro maupun kontra, yang masuk ke dalam ruang sidang, Iwan telah melakukan koordinasi. Hanya 30 orang masing-masing dari massa.

“Ya betul jadi ada keinginan untuk masuk ruang sidang tapi saya sudah koordinasi dengan masing-masing pihak, bahwa kita menyepakati berapa banyak peserta yang akan masuk ke ruang sidang. Kesepakatan kita masing-masing pihak itu ada kurang lebih 30 orang saja yang boleh masuk dan mereka sudah menyetujui,” ujarnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: