Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ada Dupa China Dekat Pintu Masuk di Ruang Sidang Ahok

Penampakan hio di sidang Ahok

Penampakan hio di sidang Ahok. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Jakarta – Sidang dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berlanjut. Namun ada yang menarik di sidang ke-13 itu yaitu adanya hio atau dupa China di dalam ruang sidang.

Seperti dilaporkan Detikcom, Selasa (7/3/2017), terlihat hio itu berwarna merah mencolok dan ditaruh di atas meja. Lokasinya berada di dekat pintu masuk di mana biasanya Ahok memasuki ruang sidang.

Pihak pengadilan menjelaskan hio atau dupa tersebut difungsikan untuk penyumpahan saksi.

“Pengadilan itu harus menyediakan alat perlengkapan penyumpahan bagi semua agama resmi di Indonesia,” kata Humas Pengadilan Jakarta Utara Hasoloan Sianturi ditemui di Auditorium Kementerian Pertanian, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017).

Hasoloan menjelaskan, pengadilan tak pernah tahu agama saksi yang akan dihadirkan sebelum saksi tersebut berada di persidangan. Oleh sebab itu untuk berjaga-jaga, disediakan semua alat kelengkapan dari semua agama resmi.

“Karena siapa tahu di antara saksi dan ahli itu ada dari agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Konghuchu, Hindu. Jadi semua perlengkapan itu harus ada,” jelasnya.

Hio atau dupa tersebut ada di meja hakim tak hanya sidang kali ini tapi juga sidang-sidang sebelumnya. Hio atau dupa dan semua kelengkapan penyumpahan diletakkan di samping kanan majelis hakim. Hingga saat ini benda-benda tersebut masih berada di tempatnya.

Entah siapa yang menaruh hio itu di dalam ruang sidang dan apa tujuannya. Pun tak diketahui apakah hio itu dinyalakan dan tetap berada di ruang sidang atau dipindahkan.

Saat ini sidang telah dimulai dengan pemeriksaan saksi yang dihadirkan oleh kubu penasihat Ahok. Ketiga saksi itu adalah Bambang Waluyo D, Analta Amier, dan Eko Cahyono.

Bambang Waluyo merupakan Wakil Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017. Sedangkan Analta Amier merupakan kakak angkat Ahok. Lalu, Eko Cahyono merupakan pasangan Ahok ketika maju di Pilgub Bangka Belitung di tahun 2007.

Baca juga: Ini Alasan Majelis Hakim Tolak Kakak Angkat Ahok Bersaksi

Hanya saja Analta tak jadi bersaksi karena dianggap majelis hakim telah mendengarkan kesaksian saksi lainnya dalam persidangan. Sementara, Bambang yang tak menjadi saksi dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) merupakan wiraswasta rekan Ahok yang turut hadir dalam pidato di Kepulauan Seribu. Ia diperbolehkan bersaksi karena merupakan saksi fakta, ada di lokasi pidato.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: