Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Begini Candaan Raja Salman yang Bikin Jokowi dan Menteri Ngakak

Jokowi dan Raja Salman tertawa

Jokowi dan Raja Salman tertawa. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Jakarta – Selain ramah dan tak jaim, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud rupanya juga suka bercanda. Dalam pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), menteri maupun dengan tamu lainnya, sesekali sang baginda raja melontarkan candaan yang membuat lawan bicaranya tertawa.

Muchlis Hanafi, yang dipercaya menjadi penerjemah dalam pertemuan antara Raja Salman dan Presiden Jokowi, punya cerita ringan tentang hal itu. Ketika di salah satu lokasi dan melihat puluhan pewarta foto telah berdesakan untuk mengabadikan kehadirannya, Raja pun spontan berseloroh.

“Wah, itu dia saudara-saudara syetan,” kata Raja Salman seperti diterjemahkan oleh Muchlis, Senin (6/3/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Menurut dia, Raja Salman selalu melemparkan senyum dan melambaikan tangan kepada para fotografer. Candaan soal ‘saudara-saudara setan’ itu, kata Muchlis, dilatarbelakangi oleh sikap sebagian ulama konservatif di kalangan umat Islam yang mengharamkan praktik fotografi.

“Agar tidak memicu kesalahpahaman, saya jelaskan seperti itu kepada Presiden Jokowi. Beliau pun tertawa mendengarnya,” tutur Muchlis.

Seorang penerjemah yang baik lazimnya memang harus dapat menerjemahkan sesuai dengan konteksnya, bukan sekadar yang terucap. Karena itu, sebutan pada orang seperti Muchlis adalah interpreter, bukan translater. “Salah satu seni menjadi penerjemah itu bagaimana kita bisa tertawa serentak, tanpa delay, menunggu terjemahan selesai,” ujarnya.

Di ujung pembicaraan, Raja Salman kembali melontarkan joke yang membuat Presiden Jokowi dan beberapa menteri tertawa.

Tepatnya candaan itu terucap ketika kepala protokol istana membuka pintu sebagai isyarat pertemuan empat empat harus diakhiri untuk berlanjut ke agenda berikutnya.

“Saya tahu yang mulia Presiden tak bisa menolak permintaan kepala protokol,” kata Raja Salman seraya tersenyum seperti diceritakan Syahrul.

“Dia itu seperti seorang isteri yang permintaanya sulit ditolak para suami,” imbuh sang Raja sembari berdiri.

Raja Salman sendiri sepertinya tergolong yang menganut paham moderat. Buktinya, Raja Salaman tak cuma membiarkan para fotografer membidiknya dengan kamera, tapi juga meladeni para anggota DPR yang ingin berswafoto bersamanya. Juga dengan anak dan cucu Presiden Sukarno, Megawati dan Puan Maharani. Bahkan Raja Salman juga ikut tampil dalam video blog yang dibuat Presiden Jokowi saat jamuan makan siang di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017).

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: