Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Telan Dana Rp 153 M, Begini Megahnya Pos Perbatasan Nanga Badau

Pos Perbatasan Nanga Badau yang diresmikan Jokowi

Pos Perbatasan Nanga Badau yang diresmikan Jokowi. (Kementerian PUPR)

Anekainfounik.net. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang ingin seluruh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Indonesia diubah wajahnya menjadi lebih cantik dari milik negara tetangga.

Salah satunya terlihat dari pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat. Sebelum mendapat penanganan, PLBN ini tampak lusuh, serta struktur bangunan mulai rusak dan cat memudar.

Kondisi membuat masyarakat Indonesia di perbatasan ‘minder’ karena penampakan PLBN Indonesia berbanding terbalik dengan Pos Perbatasan Lubok Antu milik Negara Bagian Sarawak, Malaysia yang tampak lebih modern.

Jokowi memerintahkan bangunan lama yang lusuh dan usang dibongkar total dan dibangun lagi dengan bangunan baru yang lebih megah lengkap dengan fasilitas pelayanan lintas batas negara yang modern.

Berkat perbaikan yang telah dilakukan, PLBN Nanga Badau di sisi Indonesia kini bisa menyetarakan diri bahkan lebih baik dari PLBN milik negara tetangga, baik dari sisi tampilan maupun fasilitas dan pelayanannya.

Bangunan lamanya telah dibongkar dan konstruksi bangunan barunya sudah berdiri. Data Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan alokasi dana yang disiapkan untuk melakukan pembangunan adalah sebesar Rp 153,85 miliar. Pelaksana konstruksinya adalah PT Jaya Konstruksi MP.

Lingkup pekerjaan sendiri meliputi banyak hal, dari pembangunan ulang bangunan utama, pembuatan bangunan pemeriksaan terpadu kedatangan, hingga bangunan pemeriksaan terpadu keberangkatan yang memungkinkan proses pemeriksaan para pelintas batas negara dilakukan sekali jalan.

Penampakan megahnya PLBN Nanga Badau

Penampakan megahnya PLBN Nanga Badau. (Kementerian PUPR)

Total luas lahan PLBN Nanga Badau mencapai 8,8 hektar dengan luas bangunan yang berdiri di atasnya mencapai 7.619 meter2

Bangunan yang berada pada zona inti meliputi Bangunan Utama PLBN, Pos Lintas Kendaraan Pemeriksaan, Bangunan Pemeriksaan Kargo, Bangunan Utilitas, Monumen, Gerbang Kedatangan dan Keberangkatan, serta Hardscape dan Landscape Kawasan yang diharapkan dapat melayani hingga 360 pelintas per hari sampai dengan tahun 2025.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: