Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Alasan Ahok Bentuk Pasukan Merah: Renovasi Rumah Warga Miskin

Ahok berbicara dengan warga yang membutuhkan renovasi rumah

Ahok berbicara dengan warga yang membutuhkan renovasi rumah. (Twitter @kurawa)

Anekainfounik.net. Jakarta – Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjelaskan alasan dia dan pasangannya, Djarot Saiful Hidayat, ingin bentuk pasukan merah. Pasukan tersebut nantinya akan melakukan renovasi rumah warga.

Ahok menyebut bahwa banyak rumah yang berada di gang sempit yang tidak mungkin dibongkar. Alasannya, karena banyak di antara mereka yang sudah memiliki surat kepemilikan tanah. Karena itu juga, Ahok menggalakkan agar tiap warga mengurus sertifikat untuk tanah mereka.

“Kalau rusun kan pindahan orang dari (pinggir) sungai. Kalau dia punya rumah sendiri di gang yang sempit, kan nggak mungkin kita bongkar, nggak mungkin kita gusur kan tanah dia kok. Maka kita bantu dia bikin sertifikat nggak bayar,” ujar Ahok saat ditemui di Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

Menurut Ahok, nantinya pasukan merah akan lebih fokus pada penggantian atap rumah warga menjadi atap dengan baja ringan. Namun, tak menutup kemungkinan juga bahwa mereka akan melakukan bedah rumah.

Ahok pun menjelaskan latar belakangnya mengapa terpikir untuk membuat pasukan merah. Menurutnya, selama ini Pemprov DKI kesulitan untuk melakukan bedah rumah bagi warga miskin. Alasannya, karena tidak ada data yang jelas untuk pembiayaan tukang bedah rumah.

“Dulukan kita mau bedah rumah. Bedah rumah pakai lelang susah ngitungnya. Mesti ukur dulu detailnya. Yang susah kan biaya tukangnya. Kalau bahan kita e-catalog tinggal beli. Makanya kita bentuk pasukan merah itu. Biar langsung kerjakan, bangunan, seng semuanya. Jadi semua lebih cepat,” papar Ahok.

Saat disinggung soal target dari pasukan merah, Ahok mengatakan bahwa targetnya adalah rumah warga miskin yang tidak mampu dan hampir roboh, utamanya yang berada di kawasan kumuh. Tak hanya mengganti atap, Ahok juga mau tiap rumah warga nantinya mendapat pencahayaan yang cukup. Karena, selama ini dia banyak menemukan kasus TBC di tempat-tempat dirinya bertemu warga.

“Terus kita juga mau pasangin cahaya. Karena TBC ditemukan banyak. Saya datang ke semua tempat itu kena TBC. Kita mau atapnya pun banyak cahaya yang masuk,” tutup Ahok.

Syarat untuk Pasukan Merah

Nantinya pasukan merah tersebut akan berada di bawah tanggung jawab Dinas Perumahan DKI.

Ahok menjelaskan bahwa pasukan merah merupakan pekerja harian lepas (PHL) Dinas Perumahan. Sehingga posisi pasukan merah tidak beda dengan pasukan oranye, pasukan kuning ataupun pasukan biru yang sudah ada sebelumnya.

“Nanti dia (pasukan merah) akan jadi semacam PHL Dinas Perumahan. Nah, pasukan hijau kan Dinas Lingkungan. (Pasukan) Kuning di bawah (Dinas) PU Bina Marga. (Pasukan) Biru (di bawah Dinas) Sumber Daya air. (Pasukan) Oranye (di bawah) Dinas Lingkungan juga, PPSU kan oranye juga, kebetulan di bawah kelurahan. Yang (pasukan) merah ini di bawah (Dinas) Perumahan,” ujar Ahok.

Ahok pun memberikan persyaratan bagi warga yang ingin menjadi anggota pasukan merah. Nantinya, pasukan merah yang akan direkrut dari tiap kelurahan, harus memiliki keterampilan memasang baja ringan untuk atap rumah warga. Namun, Ahok enggan menyamakan mereka dengan kuli.

“Bukan kuli bangunan tapi tukang bangunan yang punya keterampilan bangunan. Punya keterampilan, makanya dia mesti punya sertifikat,” ujar Ahok.

“Bagaimana caranya? Misalnya kita mau pasang atap, kita akan kirim dia ke perusahaan atap baja ringan untuk dilatih. Kalau dia nggak lolos pelatihan di situ atau dites nggak bisa (pasang baja ringan) ya nggak diterima. Jadi beda dengan PPSU,” lanjutnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: