Iklan
//
Anda membaca...
Uncategorized

Ketua KPU DKI Sayangkan Acara MoU TransJ-KWK Digelar di Kantor Golkar

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di Kantor KPU DKI

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di Kantor KPU DKI

Anekainfounik.net. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, menyayangkan sikap PT TransJakarta dan Koperasi Wahana Kalpika (KWK), yang melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Momerandum of Understanding/MoU) Transjakarta dengan Koperasi Wahana Kalpika (KWK), Rabu (22/3/2017).

Pasalnya, MoU tersebut dilakukan di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, RT 02 / RW 01, Kemanggisan, Palmerah, RT 02/RW 01, Kemanggisan, Jakarta Barat.

“Kami sangat sayangkan, kenapa harus dilakukan di kantor partai? Kenapa tidak dilakukan di kantor TransJakarta saja? Atau kantor Dinas Perhubungan, Dinas KUMKMP (Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan), atau Balai Kota sekalipun. Tempat tersebut lebih netral,” kata Sumarno ketika dihubungi Warta Kota, Rabu (22/3/2017).

Menurut Sumarno, seharusnya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMD), bisa bersikap untuk mencari tempat yang lebih netral tersebut. Apalagi dalam acara tersebut juga mengundang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti Dinas Perhubungan dan KUMKMP.

“Kami belum bisa putuskan apakah ini bisa disebut tidak netral. Karena kami belum mendapatkan informasi lengkapnya. Nanti akan kami cari informasi ya lengkap,” katanya.

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Momerandum of Understanding/MoU) Transjakarta dengan Koperasi Wahana Kalpika (KWK), Rabu (22/3/2017).

Yaitu MoU dalam melayani masyarakat dengan konsep integrasi bus kecil atau angkutan lingkungan sebagai pengumpan ke sistem BRT (Bus Rapid Transit).

Seperti diberitakan Warta Kota, acara tersebut digelar sekira pukul 10.00. Ratusan anggota KWK tampak sudah memenuhi gedung Graha Widya Bakti I. Tampak beberapa bendera Golkar berwarna kuning dan berlambang pohon beringin terpasang.

Sedangkan di dalam gedung lambang partai Golkar juga tergambar cukup besar. Terlihat juga beberapa pejabat yang hadir antara lain, Ketua Umum KWK, Laode Djeni Hasmar; Dirut PT TransJakarta, Budi Kaliwono; Kepala Dinas Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (KUMKMP) DKI, Irwandi, Ketua Komisi B DPRD DKI, Tubagus Arif; Sekretaris Komisi B DPRD DKI, Darussalam; Anggota Komisi B DPRD DKI, Syarifuddin; dan Anggota Komisi B DPRD DKI, Taufik Azhar. Dalam acara tersebut juga digelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) KWK 2017.

Ditemui usai acara, Budi menyatakan, ditandatanganinya MoU di Kantor Golkar itu karena pihaknya hanya mengikuti undangan acara yang disampaikan pihak KWK.

Tanggapan Sumarsono

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengaku tidak keberatan. Menurutnya, Transjakarta hanya meminjam tempat tanpa ada maksud politik. Dia juga menyatakan bahwa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) punya kewenangan otonom secara badan hukum, jadi tidak tergantung kepada Pemprov.

“Ya mungkin sulitnya tempat, barangkali mereka (Golkar) mensponsori pinjam tempat yang kebetulan ada di situ. Nanti kita lihat, tapi sampai sekarang belum ada laporan, yang penting bukan pemprov,” kata Sumarsono, saat dikonfirmasi, di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu (22/3), seperti diberitakan Merdeka.com.

Sumarsono menegaskan, pada prinsipnya posisi pemprov dan BUMD itu berbeda sehingga tidak bisa selalu dikaitkan.

Selain itu, Sumarsono juga menyebutkan bahwa pemilihan tempat bisa di mana saja asalkan tidak ada substansi politik dan mengarah kepada aspek yang menabrak netralitas dalam Pilkada saat ini.

“Kalau soal tempat, ya siapa tahu memang tempatnya pas di situ atau lagi ada di situ. Saya nggak begitu mempersoalkan terkait dengan soal tempat, tapi soal pemprov yang netral jawabannya iya, kalau soal lokasi nggak masalah,” terang Sumarsono.

“Kita nggak perlu kaitkan soal BUMD dengan persoalan dukung mendukung antar pasangan calon ya. Apalagi partai pendukungnya siapa, ruwet. Kita nangani pembangunan dan kesejahteraan saja lah,” tutupnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: