Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

TransJ Kerja Sama dengan Angkot, Anies: Ide Baik dari Kami Ditiru

Anies Baswedan mengklaim idenya ditiru Ahok-Djarot

Anies Baswedan mengklaim idenya ditiru Ahok-Djarot. (Republika)

Anekainfounik.net. Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi kerja sama PT Transjakarta dengan salah satu operator angkutan kota, Koperasi Wahana Kalpika (KWK) yang mengintegrasikan angkot dengan Bus Transjakarta. Anies merasa program ini telah dicanangkan dirinya dengan pasangannya, Sandiaga Uno dalam janji kampanyenya.

Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi kerja sama PT Transjakarta dengan salah satu operator angkutan kota, Koperasi Wahana Kalpika (KWK) yang mengintegrasikan angkot dengan Bus Transjakarta. Anies menyerahkan penilaian tersebut ke warga Ibu Kota.

“Ya warga Jakarta bisa menilai siapa yang pernah bicara integrasi duluan siapa yang tidak, bedanya memang kami masih menjadi calon,” kata Anies di Jakarta, Rabu (22/3), dilansir Republika.

Dalam janji kampanyenya, Anies-Sandi menjanjikan akan ada angkutan umum terintegrasi mulai dari kampung-kampung ke jalan protokol dengan sekali membayar sebesar Rp 5.000 yang disebut OK OTrip. Anies menawarkan, strategi ini sekaligus mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik untuk mengatasi kemacetan Jakarta.

Anies menjanjikan sistem transportasi publik itu dilakukan secara terintegrasi. Bukan hanya Transjakarta yang saat ini terintegrasi, tapi angkutan ke kampung-kampung, baik trayek dan pembayarannya pun terintegrasi. Menurutnya, hal ini penting karena jalur transportasi publik yang terintegrasi dan memadai sangat penting untuk mengurangi kemacetan Jakarta.

Menurutnya, kerja sama PT Transjakarta dengan salah satu operator angkot membuktikan secara tak langsung calon pejawat Ahok-Djarot mengakui bahwa integrasi angkutan massal adalah ide bagus. Buktinya, hal itu diterapkan saat ini oleh PT Transjakarta yang notabene Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di DKI Jakarta.

“Wong baru kampanye saja lawannya sudah meniru. Coba bayangkan, kami sih bersyukur karena pengakuan kebaikan sebuah gagasan itu saat dikutip, saat diadopsi, saat ditiru, itu sebetulnya yang paling eksklusif,” ujar dia.

Jika terpilih sebagai gubernur, Anies juga akan tetap menjalankan program tersebut. Pihaknya tidak mempermasalahkan program tersebut yang telah dijalankan lebih dulu.

“Jadi tetap sebagai program kami akan pegang benderanya. Kenapa? Karena idenya dari kita, bahwa dieksekusi lebih awal. Dan kalau ada kota-kota lain yang mau mengadopsi boleh-boleh saja, karena tidak ada intelectual property right di situ,” kata Anies.

Anies juga tidak mau menaggapi program tersebut yang baru direalisasikan. Dia mengajak masyarakat untuk terus mengkampanyekan program tersebut.

“Nggak (menanyakan), kalau kami malah yuk kampanyekan sama-sama. Bahwa ide dari pasangan nomor tiga ini bagus, bisa ditetapkan, bahkan pemerintahan sekarang saja langsung bersedia secara sukarela menerapkannya. Kalau kami sih senang-senang saja,” jelasnya.

PT Transjakarta akan menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan salah satu operator angkot, Koperasi Wahana Kalpika (KWK), Rabu (22/3). Dalam keterangan tertulisnya, Transjakarta menyatakan, kerja sama dengan operator angkot ini merupakan komitmen mereka dalam melayani masyarakat dengan konsep integrasi bus kecil sebagai angkutan pengumpan bagi layanan Transjakarta.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: