Iklan
//
Anda membaca...
Uncategorized

Sumarsono Bantah Pernyataan Anies soal “Open Governance”

Soni Sumarsono di Kepulauan Seribu

Soni Sumarsono di Kepulauan Seribu. (Kumparan.com)

Anekainfounik.net. Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan keinginannya membuat tata kelola pemerintahan di DKI Jakarta mengadopsi pola open governance. Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono mencoba meluruskan bahwa sebenarnya yang benar adalah good governance, bukan open governance.

Soni, panggilan Sumarsono, menjelaskan, dalam good governance, ada beberapa komponen, salah satunya transparansi. Soni pun mencoba menerka mungkin yang dimaksud oleh Anies dengan open governance adalah transparansi.

“Saya luruskan dulu, yang disebut dengan good governance, bukan open governance. Good governance itu komponennya, prinsip-prinsipnya, ada 10 prinsip. Tiga paling penting adalah akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi,” ujar Soni di kantor Menko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2017).

“Mungkin yang dimaksud open governance oleh Pak Anies aspek transparansi di dalam clean governance yang transparan,” imbuhnya.

Menurut Soni, Jakarta adalah kota dengan tingkat transparansi paling tinggi di Indonesia. Indikator tersebut bisa dilihat dari akses kepada publik, yang dapat dengan mudah dibuka. Bukan hanya itu, rapat-rapat yang digelar juga dapat dengan mudah dilihat lewat media sosial.

“Setahu saya sebagai Dirjen Otda, melihat perkembangan daerah se-Indonesia, tidak ada daerah lain yang setransparan Jakarta. Anda bisa akses namanya Gubernur memimpin rapat saja besoknya atau hari itu bisa akses di YouTube. Saya kira sangat open. Ada keluhan juga bisa diakses lewat Qlue,” ujar Soni.

“Jadi dari segi transparansi, kekaguman saya terhadap Jakarta justru sangat open,” tambahnya.

Terkait pernyataan Anies, Soni menganggap hal tersebut terjadi mungkin karena kurangnya informasi saja. Soni menyebut kemungkinan informasi tentang transparansi yang ada di Jakarta belom tersosialisasikan dengan baik ke masyarakat.

“Mungkin kurang informasi saja. Barangkali, maklum, orang luar butuh informasi. Itu berarti Pemprov DKI mungkin termasuk lewat medianya belum mensosialisasikan atau sosialisasinya nggak menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” tutup Soni.

Pernyataan Soni ini senada dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta Dian Ekowati.

“Sebetulnya kami sudah sosialisasi banyak, apalagi kami punya media internal Berita Jakarta. Di situ bisa ditelusuri mengenai open governance, sudah keluar semuanya,” kata Dian kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (27/3/2017).

Selain itu, kata dia, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) telah memberi informasi untuk keperluan data. Kebijakan open data dituangkan dalam aplikasi dan dapat dibuka melalui laman web data.jakarta.go.id yang merupakan satu bagian atau kanal dalam Jakarta Smart City dalam domain jakarta.go.id.

Dia juga mengatakan, setiap tahun Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Hackjack yang diikuti para pengembang aplikasi. Nantinya mereka akan menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dari portal open data DKI Jakarta.

“Nanti bisa dilihat sistemnya, supaya teman-teman juga terbayang kalau ada suara dari masyarakat yang mempertanyakan mekanismenya seperti apa,” kata Dian.

Selain itu, menurut dia, masih banyak masyarakat yang belum peka dan familiar dengan media digital. Adapun saat ini informasi lebih banyak disalurkan melalui media digital.

“Nah, saya juga enggak paham kenapa sampai enggak bisa akses informasi itu. Mungkin masukan juga buat kami, publikasinya masih kurang, sehingga tidak terpublikasi,” kata Dian.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: