Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Anies: Orang Tak Akan Tanya Kuliah Berapa Tahun dan IP Anda

Anies Baswedan berfoto dengan pelajar di Masjid Jami Matraman

Anies Baswedan berfoto dengan pelajar di Masjid Jami Matraman. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sejumlah pesan kepada pelajar SMA yang akan mengikuti Ujian Nasional. Pesan-pesan Anies bukan soal cara menghadapi ujian, melainkan tentang yang harus mereka hadapi setelah UN.

“Saya di sini yakin Anda nilai UN-nya nanti tinggi-tinggi. Saya malah ajak adik-adik berpikir, habis UN mau apa? Masuk kuliah mau apa? Saya malah mau pesen buat Anda yang akan memasuki masa kuliah,” ujar Anies dalam acara “100 Cinta Pelajar untuk Jakarta” di Masjid Jami Matraman, Pegangsaan, Minggu (2/4/2017).

Anies mengatakan, masa kuliah itu berbeda dengan masa sekolah. Dalam dunia perkuliahan, mereka bisa masuk kelas pada jam yang berbeda tiap harinya. Anies menjelaskan bahwa masa kuliah adalah masa pembelajaran di dalam dan di luar kelas.

“Kalau Anda kuliah hanya dalam kelas, Anda merugi. Saat kuliah Anda harus belajar di dalam kelas dan di luar kelas,” ujar Anies.

Menurut Anies, kualitas seseorang tidak diukur dari IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) mereka saat kuliah. Itu sebabnya Anies meminta para pelajar itu untuk aktif di luar kelas juga. Sehingga, para pelajar itu menjadi lebih siap lagi untuk menghadapi persaingan setelah masa kuliah.

Dalam acara tersebut, Anies menjelaskan definisi pemimpin yang dia maksud. Anies mengatakan seseorang disebut pemimpin bila diikuti oleh orang lain.

“Anda disebut pemimpin jika dan hanya jika ada orang yang mengikuti anda. You are a leader if you have follower,” ujar Anies.

Anies pun meminta para pelajar untuk belajar menjadi pemimpin. Khususnya mereka yang akan memasuki masa kuliah. Anies meminta mereka untuk aktif mengikuti kegiatan di dalam dan di luar kampus selama menjadi mahasiswa nanti.

“Selama kuliah saya ingin pesan, sibukanlah diri Anda denga kegiatan. Jangan jadi mahasiswa yang waktunya senggang. Kalau senggang, Anda punya masalah. Anda harus sibuk,” ujar Anies.

Anies mengatakan menjadi pemimpin bukan berarti mengejar jabatan. Anies juga berpesan agar mereka menjadi pemimpin yang saling menghargai.

“Bersiap lah menjadi pemimpin. Artinya hormati sesama, belajar lah jadi pemimpin,” ujar Anies.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: