Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa, Sejarah dan Politik

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Sebut Video Kampanye Ahok Rasis

Fadli Zon dan Fahri Hamzah menanggapi video kampanye Ahok

Fadli Zon dan Fahri Hamzah menanggapi video kampanye Ahok. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Dua wakil Ketua DPR yakni Fadli Zon dan Fahri Hamzah memberikan komentar soal video kampanye btentang keberagaman yang diunggah cagub DKI Basuki T Purnama atau Ahok jelang pemungutan suara Pilgub Jakarta putaran dua.

Fadli Zon menyimpulkan video tersebut mengandung pesan negatif bagi masyarakat, khususnya yang ada di Jakarta.

“Video itu memberikan message yang kurang baik karena jelas menyebarkan persepsi seolah-olah masyarakat kita di Jakarta dan juga masyarakat muslim penuh kekerasan, apalagi di situ ada tulisan ganyang Cina dan lain-lain. Menurut saya, (itu) kampanye yang buruk sekali dan rasis. Kalau ada tuduhan rasis, sebenarnya siapa yang rasis?” ujar Fadli saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Menurut Fadli, Ahok telah menyinggung elemen SARA dalam berkampanye. Video itu dianggap berbahaya oleh Fadli.

“Jelas di situ saudara Ahok yang rasis dengan menyebarkan video seperti itu dan menurut saya sudah menyinggung perasaan umat beragama. Selain Al Maidah, saya kira ini tambah lagi, seolah-olah orang Islam mau mengganyang orang Cina. Itu menurut saya memecah belah, sangat berbahaya,” ujarnya.

Ahok, kata Fadli, tak cukup dengan meminta maaf karena telah menyebarkan video itu. “Tidak cukup minta maaf, menurut saya pelanggaran. Ini bisa dikategorikan menyebarkan rasa permusuhan, kebencian,” paparnya.

Jawaban senada juga datang dari Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah yang tak setuju dengan isi video itu.

“Jangan pilkada ini nyuruh kita mengorbankan semua hal, ini kan berbahaya,” ujar Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Fahri berkata politik saat ini, khususnya Pilkada DKI telah memberikan dampak yang hebat bagi masyarakat Jakarta. Fahri menganggap video tersebut sengaja disebar oleh Ahok.

“Politik ini khususnya Pilkada ini merusak semua hal terutama karena kelakuan Ahok dan kubunya. Kesengajaan karena di situ ada gambarnya Ahok dan dia memprove video itu,” sebutnya.

Fahri pun punya pandangan terkait isi video tersebut. Menurutnya, ada sebuah ketidakadilan.

“Seolah-olah korbannya etnis Cina, pelakunya Islam, berkopiah, bersorban. Seolah pelaku ini gak ada karyanya, etnis Cina berprestasi olahraga dan sebagainya, itu nggak fair, mengadu domba antara etnis. Itu rasialis,” jelasnya.

Video yang diberi judul #BeragamItuBasukiDJarot tersebut di-posting Ahok sehari yang lalu melalui akun Twitter dan Instagram-nya.

ACTA kemudian melaporkan Ahok-Djarot ke Bawaslu RI terkait video tersebut. ACTA menilai hal tersebut melanggar Pasal 69 huruf B UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada, yaitu dalam kampanye dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, dan golongan.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: