Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Drama Prabowo Sujud Syukur di Pilpres 2014 Akan Terulang di Pilgub DKI?

Prabowo Subianto sujud syukur di Pilpres 2014

Prabowo Subianto sujud syukur di Pilpres 2014. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Situasi Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 yang mirip dengan Pemilihan Presiden 2014 berpotensi memunculkan drama “gubernur-gubernuran.”

Penyebabnya adalah perbedaan hasil dari sejumlah lembaga survei, sehingga sangat mungkin ada pasangan calon yang akan bersikap seolah sudah pasti menang.

“Ini (gubernur-gubernuran) sangat mungkin terjadi, karena lembaga survei masing-masing memiliki hasil berbeda sehingga memunculkan respon berbeda juga. Belum lagi ketika hasil quick count nanti munculnya berbeda,” kata Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti, di Jakarta, Minggu (16/4/2017).

Memang, pada Pemilihan Presiden 2014, kubu Prabowo Subianto – Hatta Radjasa sempat melakukan syukuran dan berkegiatan yang seolah sudah terpilih meski belum ada keputusan resmi. Orang-orang menyebut hal itu sebagai drama “presiden-presidenan.”

Peristiwa ini dipicu oleh sejumlah perbedaan hasil quick count, antara yang memenangkan pasangan Prabowo – Hatta dan Joko Widodo – Jusuf Kalla. Gejala serupa kembali nampak saat ini, padahal waktu pencoblosan masih beberapa hari lagi.

Program visi-misi pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno sudah dijalankan dengan kondisi seolah mereka sebagai pemenang dalam pemilihan gubernur Jakarta.

“Sepertinya ini bagian dari strategi menguatkan dukungan dan meningkatkan kepercayaan diri di akhir masa kampanye,” ujar Ray.

Kejadian seperti ini, menurut Ray, erat hubungannya dengan psikologi internal tim Anies-Sandi. Ada upaya untuk membangkitkan semangat yang mulai kendur, karena sejumlah hasil survei akhir-akhir ini menggambarkan kecenderungan tren naik di lawan.

Ray memperkirakan drama-drama tersebut masih sangat mungkin berlanjut, terutama nanti ketika menyikapi hasil quick count.

“Tapi sebaiknya memang tak perlu ada drama seperti itu, tunggu saja hasil resminya. Kalah dengan lapang dada itu jauh lebih bijaksana dan dewasa,” kata dia.

Iklan

Diskusi

One thought on “Drama Prabowo Sujud Syukur di Pilpres 2014 Akan Terulang di Pilgub DKI?

  1. Di Amerika juga bisa di tipu tuuuu lawannya si George Bush … 6 bulan kemudian baru diketahui. !!!! Siapa yg lebih cendrung diuntungkan oleh quick count itu di Indonesia . !!!!????? ….. Surya Poloh mempunyai system ini yg pernah kita lihat di pemilihan 2014 dulu . !!!! Surya Poloh di posisi si Ahok . !!!!! Cara mengatasinya adalah dg adanya berita tentara yg lansung dibawa oleh tentara yg mengawasi TPS-TPS yg berjarak hanya 10 KM/squard. !!!! Presiden ternyata berfihak makanya tdk bisa dipercaya juga . !!!!

    Posted by bangsaku.bloon | April 16, 2017, 8:17 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: