Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Bunuh Sekeluarga di Medan, Begini Pengakuan Andi Lala

Andi Lala digiring ke Mapolda Sumut

Andi Lala digiring ke Mapolda Sumut. (Tribun Medan)

Anekainfounik.net. Setelah ditangkap, Andi Lala (34) dalang pembunuhan satu keluarga di Medan menceritakan aksi kejinya saat menghabisi nyawa Riyanto dan keluarganya.

Selama dalam pelarian, Andi Lala berpindah-pindah tempat dari Sumatera Utara hingga Riau. Jejak pria yang berprofesi sebagai tukang las itu diketahui berada di rumah saudaranya di Inhil, Riau. Karena ada hajatan perkawinan di dekat rumah tempat persembunyian Andi Lala, polisi menunda penangkapan sambil terus mengintai pada Jumat 14 April 2017.

Andi Lala akhirnya diringkus oleh tim gabungan Polda Sumut, Polda Riau, dan Polres Inhil di rumah saudaranya di Jl Lintas Rengat-Tembilahan, Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempes, Inhil, pada Sabtu 15 April 2017. Dia sempat melakukan perlawanan hingga akhirnya bisa diredam oleh polisi.
Dia lalu diboyong tim Polda Sumut via jalur darat.

Andi Lala mengakui perbuatannya. Dia menyiapkan 5 parang untuk melakukan aksi kejinya. Andi Lala dibantu rekannya, Andi Saputra dan Roni melakukan aksi sadisnya dengan menghabisi satu per satu orang di rumah tersebut. Adapun korban yang dibunuh Andi Lala cs ini yakni Riyanto (40), istri Sri Ariyanti (40), mertua Sumarni (60) dan anaknya, Syifa (13) dan Gilang (8). Hanya anak balita yang selamat, Kinara (4). Kini ia dirawat di RS Bhayangkara Medan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Nurfallah menyebut motif pembunuhan terkait perampokan. “(Motif) Perampokan dilatarbelakangi dengan dugaan pelaku bahwa korban banyak uang,” kata Nurfallah.

Berikut pengakuan Andi Lala seperti diberitakan Detikcom.

1. Sewa Mobil dan Siapkan 5 Parang

Andi Lala berangkat bersama Roni dan Andi Saputra. Mereka memarkirkan kendaraan itu di depan gang, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, Medan.

“Andi Lala menyewa mobil. Mereka membawa 5 parang dan dimasukkan ke dalam tas. Namun, parang yang digunakan itu dua,” kata Dirkrimum Polda Sumut Kombes Nurfallah kepada detikcom, Kamis (13/4/2017).

“Andi Lala yang nyewa mobil. Setelah disita, isi mobil tidak ditemukan apa-apa, sudah bersih. Parangnya belum ditemukan. Sewaktu rental mobil, Andi Lala ngaku mau ke Langkat, namun tujuannya belum tahu,” kata Nurfallah.

2. Mengakui Membunuh

Kepada polisi, Andi Lala tersangka utama pembunuhan sadis satu keluarga di Medan ini mengakui perbuatannya.

“Dia mengakui (perbuatannya). Barang bukti disita di sekitar TKP (tempat kejadian perkara),” kata Dirkrimum Polda Sumut Kombes Nurfallah kepada detikcom, Sabtu (15/4/2017).

Berdasarkan informasi yang didapat polisi, Andi Lala menghabisi Riyanto; istrinya, Sri Ariyanti (40); dan Sumarni (60), menggunakan senjata sejenis parang. “(Barang bukti) besi dibuang di sekitar TKP,” ujar Nurfallah.

Sedangkan Syifa (13) dan Gilang (8) dan Kirana (selamat) dihabisi oleh rekan Andi Lala, Roni (21).

3. Motif Perampokan

Andi Lala saat ini masih dalam proses pemeriksaan. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Nurfallah menyebut motif pembunuhan terkait perampokan.

“(Motif) Perampokan dilatarbelakangi dengan dugaan pelaku bahwa korban banyak uang,” kata Nurfallah.

Namun dia belum bisa menjelaskan lebih jauh soal motif tersebut. Sebab Andi Lala masih dalam pemeriksaan.

“Ternyata, saat kita mendapatkan keterangan dari yang bersangkutan, hanya ditemukan uang Rp 500 ribu dari kantong saku korban (Riyanto). Uang Rp 350 ribu dari lemari kamar,” ujarnya.

Sedangkan soal sepeda motor korban yang hilang, diduga dijual pelaku. “Motor itu (diduga) dijualnya,” katanya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: