Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Anies-Sandi Sepakat Akan Jual Saham Bir Milik Pemprov DKI

Sandiaga Uno dan Anies saat merayakan kemenangan

Sandiaga Uno dan Anies saat merayakan kemenangan. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Jakarta – Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan akan tetap menjual saham milik Pemprov DKI di PT Delta Djakarta yang dimilikinya sejak tahun 1970. Perusahaan itu merupakan produsen dari sejumlah merek bir ternama, di antaranya adalah Anker, Carlsberg, dan San Miguel.

Mengutip data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (21/4), saat ini kepemilikan Pemprov DKI Jakarta di perusahaan sebesar 23,34 persen. Sementara sisanya dimiliki oleh San Miguel Malaysia (L) Pte, Malaysia sebesar 58,33 persen dan publik sebesar 18,33 persen.

Penyertaan saham Pemprov DKI sudah dilakukan sejak Ali Sadikin masih menjadi Gubernur DKI. Selama menjabat, Ahok tidak menarik kepemilikan saham karena dianggap menguntungkan bagi Pemprov DKI.

Namun sebaliknya, Sandiaga berkata saham Pemprov DKI di perusahaan bir tidak bermanfaat bagi warga Jakarta.

“Saya dari pertama kali komitmen (saham bir) dijual. Itu karena nggak nyambung banget dengan visi membahagiakan warganya,” kata Sandiaga di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4/2017), dilansir Detikcom.

Sandiaga mengatakan perusahaan bir bukan merupakan investasi hajat hidup warga kebanyakan. Ia menegaskan hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh pada pendapatan daerah.

“Program Pemprov itu kan untuk membahagiakan warganya . Kita yang penting kan harus memberikan pelayanan kepada semua masyarakat. Bir kan bukan hajat hidup orang banyak. Saya kan yang paham investasi,” ujarnya.

Sebelumnya pada masa kampanya, cagub DKI Anies Rasyid Baswedan berjanji akan menjual saham Pemprov DKI Jakarta di perusahaan bir jika terpilih menjadi gubernur. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi rencana tersebut.

“Banyak faktor, pertama karena memang konsumsi warga Jakarta terhadap bir juga rendah,” ujarnya di Pesing Garden, RT 01 RW 08 Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (24/1) lalu.

Alasan lain dari rencana tersebut adalah karena hendak menjaga anak-anak dari konsumsi minuman keras seperti bir. Banyak orang tua, dikatakan Anies, tidak ingin anaknya mengkonsumsi bir.

Hal senada juga dikatakan Anies seusai salat Jumat di Masjid Al-Hidayah, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (21/4). Ia mengatakan nantinya saham DKI akan dialihkan ke perusahaan air minum.

“Kita sudah cek. Untungnya juga kecil. Tentu kita akan lepas dan kita akan pindah ke air minum,” ujar Anies.

Namun, Anies tidak merinci ke perusahaan air minum apa Pemprov DKI Jakarta akan mengalihkan asetnya tersebut. Sandiaga sendiri diketahui memiliki perusahaan air minum PT Aetra Air Jakarta yang dimilikinya melalui perusahaannya, Recapital.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: