Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Bupati Klaten Akui Suap Jabatan Tradisi dari Kepala Daerah Sebelumnya

Bupati Klaten Sri Hartini di gedung KPK

Bupati Klaten Sri Hartini di gedung KPK. (Tribunnews.com)

Anekainfounik.net. Saat diperiksa sebagai saksi dalam persidangan kasus suap promosi jabatan, Bupati Klaten nonaktif, Sri Hartini mengakui pemberian suap jabatan atau uang syukuran itu merupakan tradisi dari kepala daerah sebelum-sebelumnya, termasuk saat suaminya Alm. H.Haryanto Wibowo masih berkuasa.

Sri Hartini diperiksa sebagai saksi dalam persidangan dengan terdakwa Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Klaten, Suramlan. Ia mengatakan suap yang biasa disebut “uang syukuran” tersebut merupakan tradisi. Namun ia membantah menentukan besarannya.

“Itu mungkin sudah dari dulu seperti itu. Untuk masalah jabatan sudah tradisi,” kata Sri saat bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang, di Jl dr Suratmo, Manyaran, Semarang Barat, Rabu (26/4/2017), dilansir Detikcom.

Sri menambahkan, besaran suap terkait pengisian susunan organisasi tata kerja di Dinas Pendidikan, diatur oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Bambang Teguh Setyo. Sri sendiri dua kali menerima pemberian “uang syukuran” dari Bambang sebesar Rp 270 juta.

“Dari Pak Bambang menyampaikan, Rp 200 juta dari Suramlan (terdakwa),” pungkasnya.

Dalam persidangan itu, Sri juga mengungkapkan “uang syukuran” dari beberapa dinas disimpan dalam kardus di kamarnya. Uang syukuran itu diantaranya dari Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pekerjaan Umum.

“Di dalam kardus di kamar saya di rumah dinas ada sekitar Rp 1,9 miliar,” tandas Sri di depan hakim ketua, Antonius Wididjanto.

Meski ada “uang syukuran”, Sri menjelaskan para pejabat itu tetap menjalani seleksi di Badan Pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat). Sehingga jika dinyatakan layak maka bisa menduduki jabatan yang diinginkan.

“Kalau memang pas dan layak, silahkan,” pungkasnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: