Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Diancam Dibunuh Via Twitter, Fadli Zon Polisikan @nathansuwanto

ACTA polisikan @nathansuwanto

ACTA polisikan @nathansuwanto. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Wakil Ketua DPR Fadli Zon melaporkan Nathan P Suwanto, pemilik akun Twitter @nathansuwanto yang mengunggah tweet bernada ancaman kepadanya, ke Bareskrim Polri. Fadli menunjuk Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) sebagai tim kuasa hukumnya.

Kuasa hukum Fadli dari ACTA, Ali Lubis, melaporkan Nathan dengan dugaan melanggar UU ITE. Ali menyebut Nathan menakut-nakuti Fadli dengan menyebut akan membunuhnya.

“Kami dari ACTA ditunjuk sebagai kuasa hukum Bapak Fadli Zon selaku Wakil Ketua DPR untuk melaporkan Saudara Nathan P Suwanto ke Bareskrim Polri terkait tweet di akun pribadi beliau yang kata-katanya kurang lebih seperti itu (mengancam),” tutur Ali saat melapor ke Bareskrim Polri, gedung KKP, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2017).

“Pasal 29 UU ITE, pengancaman dan menakuti terhadap keselamatan diri Fadli Zon. Menurut kami, inti pelaporan terkait menyebarkan suatu kebencian, Pasal 28 UU ITE ayat 2,” tuturnya.

Ali kemudian menceritakan kronologi pelaporan ini. Semua berawal dari laporan seorang netizen bernama Rahman yang melapor ada tweet bernada ancaman kepada Fadli Zon.

Mengetahui tweet tersebut, Fadli pada Minggu (30/4) malam kemudian menghubungi pihak ACTA. Mereka lalu melakukan pertemuan sebelum kemudian memutuskan melaporkan Nathan.

“Dari semalam, bertemu di salah satu tempat. Nathan ini info yang kami dapat pengusaha. Berdomisili, kalau berdasarkan PT-nya, di Surabaya,” ucap Ali.

Fadli melalui kuasa hukumnya menyebut tak ada kata ‘berdamai’ dalam pelaporan kali ini. Pelaporan ditujukan agar pengguna media sosial tidak sembarangan mengunggah sesuatu.

“Bukti yang kami sampaikan ke kepolisian print out Twitter akun milik Saudara Nathan P Suwanto dan link akun Twitter tersebut. Maaf kan tidak menggugurkan pidana, sah-sah saja secara lisan. Kita membuat efek jera kepada pengguna medsos, hati-hatilah,” kata Ali.

Adapun laporan tersebut telah diterima pihak Bareskrim Polri. Laporan ini bernomor TBL/397/V/2017/Bareskrim atas nama pelapor Agustiar dengan terlapor Nathan P Suwanto. ACTA melapor sekitar pukul 11.00 WIB dan baru selesai sekitar pukul 14.30 WIB

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan