Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Ahok: Anies Kayak Mau Jadi Presiden Saja Bikin Tim Transisi

Ahok mengomentari tim transisi Anies

Ahok mengomentari tim transisi Anies. (Tribunnews.com)

Anekainfounik.net. Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengomentari soal adanya tim transisi yang dibuat oleh cagub-cawagub DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Menurut Ahok, dalam pergantian gubernur tidak perlu ada tim transisi.

Ahok menyebut bahwa tim transisi lebih cocok saat ada pergantian presiden. Karena, mengganti kepala dinas di daerah tidak semudah mengganti menteri oleh presiden.

“Ini bukan presiden kok transisi bagaimana. Memang kamu presiden ganti menteri. Kamu masuk nggak bisa ganti kepala dinas langsung loh. Kalau presiden begitu masuk ganti menteri,” ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017), dilansir Detikcom.

Ahok menyebut bahwa perlu 8 bulan untuk pergantian kepala dinas. Hal tersebut diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Karena itu, mengganti kepala dinas tidak seperti mengganti menteri.

“Butuh delapan bulan (dalam) peraturan Mendagri. Jadi bukan kayak (ganti) menteri,” ujar Ahok.

“Sudah kayak mau jadi presiden saja,” tutupnya.

Dalam Pasal 2, Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2016 tentang Pendelegasian Wewenang Penandatanganan Persetujuan Tertulis untuk Melakukan Penggantian Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah, diatur ‘Gubernur, Bupati atau Wali Kota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/kota dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan tertulis dari Menteri’.

Sebelumnya, tim pemenangan Anies-Sandi akan membentuk tim transisi untuk memudahkan kerja sesaat setelah dilantik. Syarif, sekretaris tim pemenangan, berharap tim transisi dapat dilibatkan dalam pembahasan APBD Perubahan dan memasukkan program kerja unggulan Anies-Sandi dalam APBDP.

“Logikanya sederhana, Oktober nanti dilantik, kalau tidak ada landasan hukum tentang program dan janji kampanye yang akan dilaksanakan selama setahun dalam APBD, Anies dan Sandi mau mengerjakan apa setelah Januari 2018 nanti” kata Syarief.

Sandiaga Uno mengklaim tim transisi yang akan dibentuknya bersih dari intervensi Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera yang mengusungnya di masa Pilkada. Anggota tim itu, kata Sandi, merupakan para pakar yang selama ini masuk dalam tim pemenangannya.

“Kami akan menghindari anggapan bahwa tim ini representasi partai pendukung, tapi justru merepresentasi program yang akan diusung lima tahun ke depan,” kata Sandi, kemarin, seperti diberitakan CNN Indonesia.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: