Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Busa Mirip Salju di Jakarta Ternyata Karena Kecerobohan Karyawan MRT

Busa putih di kawasan Sudirman Jakarta yang dikira salju

Busa putih di kawasan Sudirman Jakarta yang dikira salju. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Dunia maya dihebohkan dengan adanya sebuah video yang memperlihatkan benda putih-putih berceceran di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Sebagian netizen menduga benda putih tersebut adalah salju.

Video itu berdurasi 21 detik, menampilkan jalanan Jakarta di antara gedung-gedung pencakar langit, mirip suasana kawasan Ratu Plaza atau sekitar Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin Jakarta Pusat.

Gambar diabadikan artis Titi Rajo Bintang lewat akun Twitter miliknya dari mobil. Di bawah memang terlihat benda putih-putih, namun tak jelas betul itu busa atau salju, atau zat lain. Benda itu berceceran begitu saja di dekat pembatas jalan.

Benda putih yang sempat diduga sebagai salju itu ternyata busa yang tumpah dari proyek MRT. Kecerobohan salah seorang karyawan MRT menjadi salah satu penyebab busa tersebut mengalir ke permukaan tanah.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari akun Twitter resmi MRT Jakarta, @mrtjakarta, busa tersebut merupakan cairan sejenis sabun yang berguna sebagai pelicin untuk melunakkan tanah pada saat proses pengeboran terowongan. Busa itu merupakan material sisa yang masih tersimpan di lokasi proyek MRT Patung Pemuda.

“Ini adalah material sisa yg masih tersimpan di lokasi proyek MRT Patung Pemuda. Meskipun pengeboran sudah selesai seluruhnya pada 23/02/2017,” tulis MRT Jakarta seperti diunggah dalam akun resminya @mrtjakarta, Sabtu (6/5/2017).

Pihak MRT Jakarta juga mengklarifikasi bahwa cairan yang menimbulkan busa di kawasan Ratu Plaza kemarin sore itu dikarenakan seorang karyawan yang membuka tangki tempat cairan tersebut namun dia lupa untuk menutupnya kembali. Imbasnya, cairan tersebut mengalir dan menimbulkan busa sepanjang 200 meter.

“Seorang karyawan kontraktor membuka tangki tersebut pada jam 16.30 untuk membersihkan peralatan kontraktor yang ada di lokasi proyek di Patung Pemuda. Namun yang bersangkutan lupa menutup keran tangki tersebut, yang mengakibatkan cairan mengalir keatas permukaan tanah,” sambungnya.

Selain itu, pihak MRT Jakarta juga menegaskan bahwa cairan yang meluber ke jalanan itu bukanlah cairan yang sangat berbahaya. Pihaknya telah mengecek langsung mengenai dampak dari adanya cairan tersebut. Sementara itu, busa dari cairan itu berhasil dibersihkan oleh petugas sekitar pukul 18.00 WIB.

“Terhadap kecerobohan kontraktor ini, pihak MRT sedang melakukan investigasi dalam 1×24 jam untuk memastikan secara lebih detil kejadian ini,” kata @mrtjakarta.

MRT Jakarta tak ingin kejadian ini terulang kembali. “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi,” kata @mrtjakarta.

Sebelumnya, sempat muncul dugaan sementara soal asal-muasal busa di Jalan Sudirman yang menghebohkan karena dikira salju itu. Dugaan awal, busa itu tumpah dari truk yang memuat bahan semacam itu. Dugaan kedua, itu adalah busa dari got di sekitar lokasi.

Kini jelas sudah, salju palsu itu berasal dari bahan pembersih peralatan proyek MRT Jakarta. Kehebohan ini sempat membikin macet Jalan Jenderal Sudirman mengarah ke Semanggi.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: