Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Firasat Ahok Sebelum Divonis: Minta Difoto dengan Seragam Dinas Gubernur DKI

Ahok diminta berfoto oleh warga di Balai Kota

Ahok diminta berfoto oleh warga di Balai Kota. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Saat-saat terakhir Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota menyisakan cerita tersendiri bagi anak buahnya. Sehari menjelang sidang vonis, Ahok bagaikan punya ‘firasat’ tidak akan mengenakan baju dinas gubernur lagi.

Hal ini diungkapkan oleh Rudi Valinka atau yang populer dengan nama akun Twitter @kurawa. Menurut @kurawa, pada Senin (8/5/2017) di Balai Kota DKI Jakarta, Ahok meminta untuk difoto dengan mengenakan seragam dinas harian berwarna coklat.

“Firasat itu dia sampaikan dengan cara yg tidak biasa.. dia minta difoto diruangan gubernur dengan pakaian dinas dan katakan ini terakhir. Sebuah permintaan aneh dari Ahok. Dalam sehari dia biasa berfoto ribuan kali dengan pendukungnya.. namun hari itu dia spesial minta difoto,” ujar @kurawa.

“Ahok begitu bangga dg seragam yg dia pakai.. pengabdian dia yg terakhir hari itu ..senyum lepas seolah menghibur,” katanya.

Cerita yang sama juga diungkap Arief Sihotang, salah satu staf Ahok di Balai Kota. Arief menceritakan Ahok sempat berpesan ingin difoto mengenakan baju dinas gubernur berwarna cokelat yang dikenakannya pada Senin, 8 Mei 2016. Foto itu lalu akan dibuat lukisan. Sesi foto tersebut akhirnya baru bisa dilakukan seusai makan siang.

“Pagi, dia (Ahok) minta difoto buat lukisan foto gubernur. Habis selesai makan siang di ruangan, keluar kerja sebentar bikin disposisi. Tiba-tiba dia minta difoto,” kata Arief kepada wartawan, Rabu (10/5/2017).

Ahok saat itu sangat antusias meminta difoto. “Ayo sekarang saja difotonya. Mumpung masih bisa pakai pakaian ini (pakaian dinas gubernur). Besok-besok nggak bakalan bisa lagi,” ujar Arief, menirukan ucapan Ahok saat itu.

Mendengar perkataan Ahok, beberapa orang di ruangan itu tertawa. “Ada beberapa yang ketawa (staf Ahok). Gue (saya) diam sebentar,” ujar Arief.

Menurut dia, Ahok melanjutkan aktivitasnya setelah difoto. “Sudah difoto ya normal lagi aktivitasnya,” kata Arief.

Pada malam harinya, kata dia, Ahok sempat makan malam di Balai Kota. Suasana makan malam begitu cair dan penuh tawa. Namun Ahok sempat menolak ajakan berfoto bersama para stafnya dengan alasan sudah tidak sempat karena masih memiliki acara lain. “Sudah, itu terakhir gue (saya) lihat dia (Ahok),” tutur Arif.

Staf Ahok lainnya, Nathanael melanjutkan cerita hari terakhir Ahok di Balai Kota. Bapak tiga orang anak itu tidak mengetahui jika esok harinya bakal mendekam di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Sebab jika Ahok mengetahuinya, dia yakin pasti akan menitipkan pesan.

Nathanael mencontohkan saat Ahok menitipkan pesan kepadanya karena harus non-aktif sebagai Gubernur DKI Jakarta lantaran mengikuti kampanye.

“Kalau dia tahu pasti bakal pesen. Waktu dia mau nonaktif dia ngomong. Apalagi ini. Biasanya nitipin beresin karyawan. Yang di Belitung pabrik rumah operasional rumah. Enggak ada pamitan perpisahan. Kalau dia tahu pasti dia ada pesan pesan. Cepat urus ini urus ini,” tutupnya.

Pada Selasa, 9 Mei 2017, Ahok menjalani sidang pembacaan vonis. Majelis hakim yang diketuai Dwiarso Budi Santiarto menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara karena menilai Ahok terbukti menodai agama. Majelis hakim kemudian memerintahkan Ahok ditahan. Awalnya, Ahok langsung dibawa ke Rutan Cipinang. Namun, setelah mempertimbangkan aspek keamanan, Ahok akhirnya dipindahkan ke Mako Brimob. Kini, Ahok mendekam di Mako Brimob dan ada kemungkinan akan menjalani penahanan sambil menanti rangkaian proses hukum yang berkekuatan tetap.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: