Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Rizieq Ogah Pulang, Pengacara: Ini Simbol Perlawanan pada Ketidakadilan

Rizieq tak mau pulang, balik lagi ke Arab Saudi

Rizieq tak mau pulang, balik lagi ke Arab Saudi

Anekainfounik.net. Habib Rizieq Syihab tak mau kembali ke Indonesia untuk menjalani pemeriksaan polisi dalam kasus baladacintarizieq. Ia kembali ke Arab Saudi setelah sempat berada di Malaysia. Pengacara imam besar FPI tersebut, Sugito Atmo Pawiro, mengatakan ini merupakan bentuk perlawanan kliennya terhadap ketidakadilan.

“Jadi ini simbolik perlawanan terhadap kejadian ketidakadilan hukum,” ujar Sugito, Senin (15/5/2017), dilansir Detikcom.

Sugito membantah jika dikatakan Rizieq kembali ke Arab Saudi untuk melarikan diri. Menurutnya, selama ini kliennya taat hukum.

“Oh nggak (melarikan diri). Habib bukan tipe mau melarikan diri dari tanggung jawab,” ucap Sugito.

Sugito mengatakan Rizieq melakukan perlawanan tersebut karena menilai ada upaya rekayasa proses hukum terhadapnya. Ia juga menilai proses hukum terhadap Rizieq dalam kasus dugaan pornografi ‘baladacintarizieq’ itu dipolitisasi.

“Cuma ketika sudah ada rekayasa hukum terkait proses yang sekarang ini terjadi, politisasi, Habib akan melawan. Dia tidak akan lari dari tanggung jawab. Kalau ini sudah terkait kekuasaan, terkait dengan kekalahan Ahok, terkait putusan Ahok dan sebagainya, itu sudah jelas, sekarang dimunculkan kembali. Ini ada apa,” tuturnya.

Ia juga menyebut penyidik terkesan memaksakan proses hukum terhadap kliennya. Ia mempertanyakan alasan polisi membuat surat perintah penjemputan paksa bagi kliennya itu.

“Panggilan pertama kan sudah di Mekah. Kenapa kok langsung diburu-buru panggilan kedua. Bahkan sudah disiapkan jemput paksa, ini kan sengaja. Hukum sebagai alat kekuasaan untuk menekan Habib. Saya nggak mau kalau upaya-upaya semacam ini,” tuturnya.

Meski begitu, Sugito memastikan kliennya akan kembali ke Tanah Air. “Tetap akan kembali ke Indonesia, tetapi melihat perkembangannya nanti,” katanya.

Sementara itu, penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya telah mengantongi surat perintah penjemputan paksa bagi Rizieq. Untuk penjemputan paksa ini, polisi akan berkoordinasi dengan pihak pengacara.

“Jadi nanti kita akan berkoordinasi dengan pengacaranya terkait di mana yang bersangkutan. Kita cuma berharap untuk segera hadir,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: