Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Fitnah Bom Kp Melayu Rekayasa, Pemilik Akun FB Ahmad Rifa’i Pasra Ditangkap

Ahmad Rifai Batubara

Ahmad Rifai Batubara. (Facebook)

Anekainfounik.net. Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap pemilik akun Facebook bernama “Ahmad Rifa’i Pasra”. Pria bernama asli Ahmad Rifai Batubara (37) atau ARP ditangkap karena menyebarkan informasi bohong di akun media sosial miliknya pada 24 Mei 2017 yang lalu. Dalam status di FB-nya yang berjudul “MEMBEDAKAN BOM BUNUH DIRI ASLI DENGAN REKAYASA!”, ARP menyebutkan peristiwa bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur adalah rekayasa.

“Iya betul, yang bersangkutan sudah ditangkap. Besok akan dirilis oleh Humas Mabes Polri,” ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran, Senin (28/5/2017).

Seperti diberitakan Detikcom, ARP ditangkap di rumahnya di Jl Sutan Syahrir, Silaing Bawah, Padang Panjang Barat, Sumatera Barat, pada Minggu (28/5), sekitar pukul 16.00 WIB sore. ARP ditangkap tanpa melakukan perlawanan.

Fadil mengatakan, ARP ditangkap atas dugaan penyebaran informasi sesat yang dikhawatirkan menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terhadap individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, ras dan antargolongan (SARA).

Bukannya berempati atas peristiwa ledakan yang terjadi pada Rabu 24 Mei malam lalu, ARP dinilai polisi memperkeruh suasana dengan menyebarkan informasi hoax. Di akun Facebook-nya, ARP menulis aksi bom bunuh diri yang menewaskan 3 anggota Polri dan melukai sejumlah warga sipil itu adalah rekayasa polisi.

“Ini rekayasa bom bunuh diri. Sebentar lagi framing pemberitaan media akan mengarah pada satu topik bahwa pelakunya Islam radikal,” tulis ARP di akun Facebook-nya.

ARP diketahui berprofesi sebagai seorang penulis.

“Dia penulis lepas di sebuah media lokal,” ujar Fadil.

M Ikhsan selaku kuasa hukum ARP juga mengatakan hal yang sama. Menurut Ikhsan, ARP menulis demikian di akun Facebook-nya hanya berdasarkan analisisnya semata tanpa didukung sebuah fakta.

“Jadi suka menganalisis info dan membuat dalam tulisan,” ucap Ikhsan.

Sementara, Tribunnews.com menyebut ARP merupakan seorang karyawan di pegawai Pondok Pesantren Diniyyah Putri Padang Panjang Barat, Sumatera Barat.

Berikut tulisan Ahmad Rifa’i Pasra yang memfitnah Bom Kampung Melayu

Status Ahmad Rifai di Facebook

Status Ahmad Rifai di Facebook

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: