Iklan
//
Anda membaca...
Hiburan

Usai Kematiannya, Keluarga Yana Zein Mempermasalahkan Agamanya

Zana Zein tutup usia, isu pindah agama kisruh setelah ayahnya datang

Zana Zein tutup usia, isu pindah agama kisruh setelah ayahnya datang. (DetikHot)

Anekainfounik.net. Yana Zein meninggal dunia pada Kamis (1/6) kemarin. Ternyata kepergiannya masih menyisakan polemik agama yang dianutnya, seperti apa?

Kedatangan ayah Yana Zein, Nurzaman Zein memberi keterangan bahwa putrinya adalah seorang muslimah. Tapi ibunda Yana Zein yang berasal dari Rusia, Swetlana memberikan keterangan beberbeda yang menyebut bahwa putrinya sudah pindah agama.

Yana Zein sendiri lahir di Moscow, Rusia. Namun kedua orangtua Yana Zein berpisah.

“Bapak Nurzaman ini menikah dengan saya di Moscow dan tidak diributkan masalah agama, setiap manusia pilihan hati atau Islam apa Kristen. Sejak Yana pas kelas 1 SMP sudah ditinggalkan. Jadi papa tinggalkan kami sekian lama, tidak mengirim satu sen pun,” kata Swetlana di RS Fatmawati, Jaksel, Jumat (2/6).

“KTP aja Kristen, waktu sakit keras Yana tolong kalau ada apa-apa saya mau dikuburkan dengan (secara) kristen. Agama semua sama, saya kira berhak memilih. Yana ada tandatangan sendiri kalau dia jadi Kristen,” tegasnya lagi.

Yana Zein yang tutup usia karena kanker payudara sempat mengungkapkan belum siap berhijab. Sebelumnya juga terlihat Yana Zein selalu memegang tasbih saat berobat di RS Mayapada.

Yana Zein yang langganan berperan sebagai antagonis di sinetron sejak lama meninggal pada Kamis (1/6) dini hari. Kondisinya drop setelah sempat membaik.

Baca juga: Sang Asisten: Yana Zein Pura-pura Sehat Sepulang dari China

Ketika tiba di rumah duka, Nurzaman kaget dengan kondisi di lokasi tersebut. Sebab, jenazah Yana terlihat sudah rapi dengan pakaian lengkap di dalam sebuah peti. Yana Zein meninggal usai pulang berobat ke China.

“Saya memberikan informasi atas nama anak saya namanya Suryana Nurzaman Zein (Yana Zein), saya adzan kan telinga dia dan saya ajarkan dia puasa dan mengaji. Kalau anak saya meninggal masuk Kristen itu nihil, saya ke sini datang dari Sumatera langsung ke sini niat saya untuk mengembalikan anak saya dari Kristen menjadi Islam,” ujarnya di Rumah Duka, Jumat.

“Saya akan menandatangani surat, saya tidak setuju kalau dia masuk Kristen, saya mau anak saya dikubur di Islam biar masuk surga. Kalau harta saya nggak mau satu sen pun,” sahutnya.

Bagi Nurzaman, Zein merasa anaknya meninggal dengan husnul khotimah. Ia juga yakin ibu dua anak itu meninggal dalam keadaan suci di bulan Ramadan ini.

“Dia meninggal di bulan Ramadan. Dia meninggal dengan khusnul khotimah,” ujar Nurzaman.

Nurzaman tak mau jenazah Yana Zein berada dalam peti mati. Ia berharap agar rekan Yana yang lain tak perlu mempermasalahkan hal tersebut.

“Saya mohon ini bisa dikuburkan secara damai tolong dibantu, ini ada bukti sebagai manusia untuk memilih,” tutur Nurzaman lagi.

Setelah perdebatan panjang antara keduanya, Swetlana akhirnya pasrah anaknya dimakamkan secara Islam. Menurut pantauan detikHOT di rumah duka RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (2/5/2017), jenazah Yana akhirnya dimandikan. Kemudian akan dikafankan dan juga disolatkan.

Untuk pemakaman sendiri rencananya juga akan dipindahkan ke daerah Cinere, Depok, Jawa Barat. Namun belum pasti TPU mana yang akan dituju.

Awalnya jenazah Yana direncanakan akan dikebumikan di TPU Kampung Kandang, Jagakrasa, Jakarta Selatan. Karena satu dan lain hal, Yana Zein harus dipindah. Konon itu juga masalah administrasi soal kesepakatan keluarga dan KTP terakhir aktris tersebut.

“Bukan di Kampung Kandang, tapi di daerah Cinere arah ke Depok. Masih diobrolin mau makamin gimana,” ujar salah satu keluarga dari Nurzaman yang enggan menyebutkan namanya dikonfirmasi.

Ibunda Yana sempat histeris Yana Zein akan dikafani. Swetlana yang dinikahi Nurzaman di Moscow itu menegaskan bahwa KTP sang putri Kristen.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: