Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Survei SMRC: 1 dari 3 Pendukung PKS Setuju dengan Perjuangan HTI

Pendukung PKS dan PPP banyak mendukung HTI

Pendukung PKS dan PPP banyak mendukung HTI

Anekainfounik.net. Hasil penelitian Saiful Munjani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan dari semua partai yang memiliki kursi di parlemen, simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang paling banyak mendukung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Walaupun demikian, survey SMRC mencatat mayoritas warga negara Indonesia tidak setuju dengan adanya HTI dan ISIS di Indonesia.

“Secara politik kepartaian, dukungan pada HTI beririsan dengan dukungan pada parpol tertentu,” kata pimpinan SMRC, Saiful Mujani di Jalan Cisadane, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (4/6/2014), dilansir Detikcom.

Simpatisan tiap partai politik mendapat 3 pertanyaan yaitu ‘Apakah tahu HTI?’, ‘Jika tahu HTI, yang diperjuangkan HTI adalah negara Islam/khilafah’ dan pertanyaan ketiga adalah ‘Jika tahu HTI, apakah setuju dengan perjuangan HTI tersebut?’.

Penelitian SMRC menggunakan 1500 responden sebagai sampel. Mereka dipilih secara random dengan cara multistage random sampling. Survei dilakukan pada WNI yang berumur 17 tahun atau sudah menikah. Margin of error pada penelitan tersebut sebesar 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 14-20 Mei 2017.

Dari survei, didapat 34,3 persen atau melebihi 1 dari 3 simpatisan PKS setuju dengan perjuangan HTI. Sementara, 42,2 persen tidak setuju. Jumlah simpatisan PKS yang menjadi responden hanya 4,4 persen dari total keseluruhan responden.

Untuk simpatisan PPP, ada 4,3 persen dari jumlah seluruh responden. Dari jumlah tersebut, 19,7 persen setuju dengan HTI, sementara ada 73,5 persen yang tidak setuju keberadaan HTI. Lalu ada Gerindra dengan 12,7 persen simpatisan mereka yang setuju HTI. Angka tersebut didapat dari 12,6 persen responden.

Dari survey tersebut, warga suku-bangsa Minang cenderung lebih banyak yang positif pada HTI. Perbedaan agama juga berpengaruh pada dukungan atas HTI.

Berikut adalah hasil survei SMRC khususnya untuk pertanyaan ‘Jika tahu HTI, apakah setuju dengan perjuangan HTI tersebut?’

PKS (base: 4,4%)
Setuju: 34,3%
Tidak setuju: 42,2%
Tidak jawab: 23,5%

PPP (base: 4,3%)
Setuju: 19,7%
Tidak setuju: 73,5%
Tidak jawab: 6,8%

Gerindra (base: 12,6%)
Setuju: 12,7%
Tidak setuju: 61,5%
Tidak jawab: 25,8%

Demokrat (base: 6%)
Setuju: 11,1%
Tidak setuju: 71,4%
Tidak jawab: 17,5%

Nasdem (base: 2,2%)
Setuju: 10,1%
Tidak setuju: 82,8%
Tidak jawab: 7,1%

PAN (base: 2,8%)
Setuju: 7,3%
Tidak setuju: 73,6%
Tidak jawab: 19.1%

PDIP (base: 25,8%)
Setuju: 6,9%
Tidak setuju: 79,5%
Tidak jawab: 22,7%

Golkar (base: 11,4%)
Setuju: 6%
Tidak setuju: 71,3%
Tidak jawab: 22,7

PKB (base: 5,2%)
Setuju: 4%
Tidak setuju: 75,8%
Tidak Jawab: 20,2%

Hanura (base: 1,1%)
Setuju: 0%
Tidak setuju: 47,1%
Tidak jawab: 52,9%

Tanggapan PKS

PKS mempertanyakan sampel yang dipakai di survei tersebut.

“Kita tidak tahu sampelnya, dan siapa yang disebut simpatisan PKS. PKS sendiri sudah tegas, kita bagian dari NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan Pancasila. Kita beda dengan HTI,” kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid saat dihubungi, Minggu (4/6/2017).

“Kalau kemudian dikaitkan ada irisan PKS dan HTI, saya ingin tanya simpatisan itu siapa? Kalau dari partai, ideologi partai tidak sesuai dengan HTI,” sambungnya.

Pemerintah sudah menyatakan mengambil langkah hukum untuk membubarkan HTI. Hidayat mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara hukum sehingga proses pembubaran ormas juga harus sesuai proses hukum.

“Saya selalu menyebut bahwa Indonesia negara hukum. Perilaku ke semua termasuk ormas, harus sesuai hukum, harus sesuai dengan UU. Ikutilah jalur hukum,” ucap Hidayat.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: