Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pernah Sambut Rizieq dan Sebut yang Mulia, Kapolda Sumut Dimutasi

Habib Rizieq saat bersama Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel

Habib Rizieq saat bersama Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel. (Tribun Medan)

Anekainfounik.net. Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Rycko Amelza Dahniel akhirnya diganti oleh Irjen Paulus Waterpau. Rotasi dan mutasi jabatan terjadi di tubuh Polri sesuai dengan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1408/VI/2017 tanggal 2 Juni 2017.Dalam telegram tersebut ada 109 pejabat di tubuh Polri yang dimutasi. Selanjutnya Irjen Rycko Amelza Dahniel bakal menjadi Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

Walau hanya 9 bulan menjabat Kapolda Sumut, tapi Rycko sudah menuai kontroversi terutama saat ikut memberi sambutan dalam Aksi Bela Islam di Medan Sumut yang juga dihadiri Habib Rizieq Shihab pada 28 Desember 2016. Saat itu dalam sambutannya Irjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan Habib Rizieq adalah Imam Besar Umat Muslim Indonesia.

Hal ini menuai pro dan kontra. Anggota DPR RI dari fraksi PKB, Maman Imanul Haq mengkritik keras tindakan yang dilakukan oleh lulus terbaik Akpol 1988 tersebut. Menurutnya, penyambutan tak perlu dan tak sepantasnya dilakukan karena dianggap memberi ruang untuk kelompok radikal intoleran.

Baca juga: Sambut Rizieq FPI dengan Sebutan Mulia, Kapolda Sumut Diminta Dicopot

Bahkan, ia menyarankan kepada kapolri untuk dapat menindak tegas atau bahkan mengganti Kapolda Sumut tersebut. Ia menyayangkan adanya aparat yang masih memberikan panggung dan ruang lebih bagi ormas ormas yang cenderung radikal.

“Gantilah Kapolda sumut oleh Kapolri kalau perlu” ujar Imanul Haq di museum Nasional, Jakarta Pusat, Kamis 29 Desember 2016.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian membantah pencopotan Rycko terkait penyambutan Rizieq.

Menurut Tito, mutasi jabatan Kapolda Sumut tidak ada sama sekali kaitannya dengan Habib Rizieq dan kedekatan Rycko dengan FPI.

“Bukan. Enggak ada kaitannya dengan itu (Habib Rizieq). Polda Sumut (Rycko) sangat berprestasi di sana,” kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 5 Juni 2017.

Tito mengatakan, Rycko adalah salah satu anggota Polri yang memiliki kinerja sangat baik. Dengan prestasi dan kinerja baik itu, Rycko diharapkan mampu membuat Akademi Kepolisian lebih baik, dan kemampuannya dibutuhkan untuk memimpin Akpol.

“Itu lah dapur pimpinan Polri, calon pimpinan Polri,” ujarnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menyesali peristiwa tewasnya taruna Akpol saat menjalani pendidikan. Karena hal itu seharusnya tidak perlu terjadi. Di bawah kepemimpinan kompatriotnya di Densus 88 itu, Tito berharap insiden tersebut tidak terjadi lagi.

“Itu diminta memberikan, membuat perubahan yang mendasar di sana. Tidak boleh lagi ada kekerasan-kekerasan,” ujarnya.

Sementara Kapolda Sumut yang baru, Paulus sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat, yang pada April lalu digantikan Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar.

Paulus Waterpauw lahir di Fakfak, Papua Barat, 25 Oktober 1963, merupakan lulusan Akademi Polisi 1987 seangkatan Tito Karnavian. Paulus mengawali karier di Surabaya dari tahun 1987 hingga 1990. Paulus pernah menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan Mabes Polri.

Ketika meniti karier dari bawah, Paulus pernah menjabat sebagai Kapolsek Menteng, Jakarta; Komandan Puskodal Polres Jakarta Pusat pada 2000 dan Wakil Kepala Polresta Tangerang pada 2001. Setelah itu Paulus pindah tugas ke Mimika sebagai Kapolres pada 2002 dan menjabat Kapolresta Jayapura Polda Papua pada 2005. Tahun 2006 Paulus Waterpauw dipercaya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Polda Papua.

Sejumlah tanda jasa pernah diterima Paulus, di antaranya Jasa Satya Lencana Dwidya Sistha Satya, Lencana Kesetiaan 8 Tahun, Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun, dan Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: