Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Jaksa Resmi Cabut Banding, Vonis 2 Tahun Ahok Berkuatan Hukum Tetap

Ahok dipastikan mendapat vonis berkekuatan hukum tetap

Ahok dipastikan mendapat vonis berkekuatan hukum tetap. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Jaksa mencabut memori banding perkara penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Surat pencabutan itu telah dikirim ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) pada 6 Juni lalu.

“Ya sudah dikirim dari Selasa sore tertanggal 6 Juni,” kata ketua tim JPU kasus Ahok, Ali Mukartono, di Kejaksaan Agung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2017), dilansir Detikcom.

Pencabutan ini dilakukan karena tim jaksa menilai Ahok pun telah menerima putusannya sehingga tidak ada lagi unsur kemanfaatan bagi jaksa. Ali menilai perkara ini telah memiliki kepastian hukum atau berkekuatan hukum tetap atau inkracht dengan vonis 2 tahun.

“Karena kemanfaatannya, kita mau berjuang apa lagi kalau sudah diterima, manfaatnya apa lagi, kita itu kalau mau banding mempertimbangkan kepastian hukum, kemanfaatan,” kata Ali.

Awalnya jaksa mengajukan banding lantaran putusan hakim yang menyatakan Ahok bersalah berdasarkan Pasal 156a KUHP. Berbeda dengan tuntutan jaksa yang menuntut dengan Pasal 156 KUHP, meskipun kedua pasal tersebut berada di dalam dakwaannya.

“Ya kan tapi masih dalam lingkup dakwaan jaksa, itu karena beda pilihan masih dalam lingkup dakwaan jaksa, kecuali bebas ya lain lagi, di luar dakwaan,” ucap Ali.

Ia menyebut telah mengkaji soal pencabutan memori banding ini sejak pihak Ahok mencabutnya.

“Karena kalau pasal 43 UU Mahkamah Agung, orang yang bisa kasasi melalui banding. Nanti kalau misalnya putusannya merugikan ke jaksa kalau jaksa tidak banding, dia tidak bisa kasasi. Makanya ketika dia banding, kita banding, supaya tidak kehilangan hak asasi, makanya ketika dicabut ya sudah,” ujarnya.

Ia memastikan tidak ada unsur intervensi untuk mencabut memori banding ini. Ahok sendiri saat ini masih mendekam di rutan Mako Brimob.

Sementara, Kepala Humas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Johanes Suhadi memastikan, kasus dugaan penodaan agama yang menjerat Ahok akan berkekuatan hukum tetap atau inkracht setelah hakim memproses permintaan pencabutan banding dari jaksa penuntut umum (JPU) dalam kasus tersebut.

JPU dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara telah mengirimkan berkas pencabutan banding atas putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menjatuhkan vonis dua tahun penjara kepada Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

“Kalau dua-duanya (terdakwa dan JPU) sudah mencabut, pasti inkracht,” ujar Johanes saat dihubungi, Kamis, seperti diberitakan Kompas.com.

Tanggapan Pengacara Ahok

Pengacara Ahok menyebut pihaknya menghormati keputusan jaksa.

“Pak Ahok sudah siap menerima sikap kejaksaan, apakah dia banding atau mencabut sudah diperhitungkan, Pak Ahok tidak akan mempermasalahkan itu,” kata pengacara Ahok, I Wayan Sudirta saat dihubungi detikcom, Jumat (8/6/2017).

Menurut Sudirta, Ahok dan tim pengacara sudah siap dengan keputusan jaksa terkait perkara penodaan agama. Ahok sudah mempertimbangkannya.

“Kalau sekarang kan siap saja ketika jaksa mencabut atau tidak ya terserah. Kita sudah prediksi, kita tidak permasalahkan itu karena kita sudah perhitungkan. Jaksa banding sudah diperhitungkan dan jaksa cabut banding sudah diperhitungkan, sudah dibahas itu,” ujar Sudirta.

Dia kembali bercerita mengenai keputusan Ahok mencabut banding. Ahok disebut sudah menerima putusan majelis hakim PN Jakarta Utara.

“Yang jadi soal adalah ketika Pak Ahok memutuskan akan mencabut banding, waktu itu ada pemikiran yang keras antara pro dan kontra. Kalau tidak cabut banding bagaimana, padahal dia tidak merasa bersalah, kalau banding bagaimana padahal keputusan itu tidak adil. Tapi demi kepentingan bangsa dan negara kan dia cabut juga, mengalahkan kepentingan dirinya dan pribadinya,” paparnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: