Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ridwan Mukti Gubernur Bengkulu ‘Berakhlak Mulia’ Punya Lebih 3 Istri?

Ridwan Mukti dan istrinya, Lily Martiani Maddari

Ridwan Mukti dan istrinya, Lily Martiani Maddari. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Gubernur Bengkulu masa bakti 2016-2021, Ridwan Mukti kini menjadi sorotan. Bersama sang istri, Lily Martiani Maddari dan tiga orang lainnya, mantan Bupati Musi Rawas, Sumatera Selatan tersebut terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK pada Selasa (20/6) siang tadi.

Awalnya, sang istri terjaring OTT saat menerima suap sebesar Rp 1 miliar yang diletakkan dalam kardus oleh dua orang kontraktor di dalam rumah pribadinya. Salah satunya adalah RD, pengusaha yang menjabat bendahara sebuah parpol di Bengkulu. Tak lama kemudian, Ridwan dan seorang lainnya diamankan pihak KPK ke Mapolda Bengkulu.

Kabar ini jelas cukup mengejutkan mengingat Ridwan, selama menjabat kepala daerah, dikenal sebagai sosok yang sarat prestasi.

Pria berusia 54 tahun ini memang berpengalaman sebagai birokrat. Sebelum menjadi Gubernur Bengkulu, Ridwan terlebih dulu menjabat sebagai Bupati Musi Rawas, Sumatera Selatan, periode 2005-2010 dan 2010-2015.

Selama dua periode memimpin Musi Rawas, Ridwan menyabet berbagai penghargaan. Pada tahun pertama, misalnya, Ridwan tercatat mendapat penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Kementerian Aparatur Negara RI.

Ia juga pernah mendapat penghargaan Presiden RI untuk Peningkatan Produksi Beras Diatas 5% pada tahun 2008 dan 2009, serta penghargaan Meretas Daerah Tertinggal Award Kabupaten Musi Rawas (2008).

Pada 2007, Ridwan bahkan menyabet Penghargaan Akhlak Mulia. Tak diketahui lembaga yang memberikan penghargaan tersebut. Namun, penghargaan itu tercantum di situs wikipedia dan situs resmi Pemerintah Provinsi Bengkulu, bengkuluprov.go.id.

Berbagai penghargaan itu dibarengi oleh kinerja nyata. Sebuah media lokal setempat mencatat Ridwan sebagai bupati yang berhasil membangun 3.000 km ruas jalan atau jauh lebih panjang daripada jalan yang dibangun Gubernur Hindia Belanda Herman Willem Daendels pada abad 17.

Kemudian, Antara menyebut Ridwan sebagai sosok yang mampu mengubah daerahnya yang dulu miskin dan paling tertinggal di Sumatera Selatan, menjadi daerah maju. Selama dua periode kepemimpinannya di Musi Rawas, Ridwan mengurangi jumlah desa tertinggal dari 112 desa pada 2005 menjadi hanya 3 desa pada 2011.

Dari Musi Rawas, karier Ridwan melesat dengan menduduki kursi Gubernur Bengkulu. Ketua DPD Partai Golkar Bengkulu ini menjabat Gubernur Bengkulu sejak Januari 2016.

Belum banyak kerja yang dibuat Ridwan. Namun, dalam sebuah kesempatan 2016, Ridwan diketahui pernah mengundang KPK dalam acara deklarasi dan penandatanganan pakta integritas antikorupsi di kalangan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Bukan main, deklarasi tersebut diikuti 1.108 pejabat struktural eselon 2, 3, dan 4 serta berlangsung di lapangan sport center Bengkulu di dekat Pantai Panjang, Bengkulu, Selasa (1/3/2016).

Dilansir Detikcom, Gubernur Ridwan memimpin penandatanganan pakta integritas, disaksikan Ketua KPK, Kepala BNN, Kajati Bengkulu, eks Ketua MK Mahfud MD, dan Ketua Ombudsman.

Dalam sambutannya, Ridwan menyinggung soal Bengkulu yang banyak ‘buayanya’. “Ada pepatah lokal, kalau dulu Bengkulu lubuknya kecil buayanyo banyak, tapi sekarang kita mendapat cemooh Bengkulu lubuknya kecil buayo galo (buaya semua). Oleh karena itu, kita harus membangun kultur baru dengan kesiapan kita menandatangani pakta integritas pagi ini,” kata Ridwan dalam pidato sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan menuturkan pakta integritas ini baru langkah awal. Ia ingin menumbuhkan kultur antikorupsi di Bengkulu. Ia juga menegaskan para pejabat yang melanggar pakta integritas itu harus mundur.

Terakhir, Ridwan mengingatkan para pejabat menepati janji dalam pakta integritas itu. “Jika melanggar, maka dengan kesatria mengundurkan diri,” ucapnya disambut tepuk tangan hadirin.

Ironisnya, kini istri Ridwan Mukti, Lily Martiani Maddari, justru kena operasi tangkap tangan KPK. KPK juga mengamankan uang dalam kardus.

Kabar tak sedap yang lain adalah borok Ridwan yang selama ini ditutupinya sekarang terekspos. Ridwan disebut sebuah situs, memiliki lima orang istri. Namun media lain, menyebut dirinya memiliki tiga istri.

Istri pertama sendiri disebut tinggal di Yogya. “Tidak jelas, keberadaannya,” ujar salah seorang tokoh masyarakat Musi Ruwas seperti diberitakan Swijaya Pos.

Sedangkan istri kedua saat Ridwan Mukti menduduki jabatan sebagai anggota DPR RI yang terpilih selama dua periode sejak 1999- 2005 berinisial L. Dia diterangarai adalah Hj. Lisa Nurfadilah. Lisa sendiri sering mendampingi Ridwan saat kampanye Pilgub. Lisa sendiri dikabarkan menetap di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ridwan Mukti dan Lisa Nurfadillah

Ridwan Mukti dan Lisa Nurfadillah. (Istimewa)

Sedangkan Lily Martiani Maddari sendiri merupakan istri ketiga. Disebutkan, sebelum mendampingi Ridwan Mukti sebagai istrinya, Lili Maddari pernah menikah dengan Saifudin Aswari Rifai yang menjabat sebagai Bupati Kabupaten Lahat.

Baca juga: Mengenal Lily Maddari, Istri Gubernur Bengkulu yang Kena OTT KPK

Lily Martiani Maddari disebut istri ketiga Ridwan Mukti

Lily Martiani Maddari disebut istri ketiga Ridwan Mukti. (Istimewa)

Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan mereka bercerai. Dari pernikahan tersebut mereka dikarunia dua orang anak perempuan. Sementara bersama dengan Ridwan Mukti, mereka dikarunia seorang anak laki-laki.

Di depan publik Bengkulu sendiri, Lily tampil sebagai satu-satunya istri Ridwan yang sering mendampinginya dalam acara seremonial yang digelar pemprov.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: