Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Berprofesi Penjual Buah dan Rokok, Ini Foto Teroris Penyerang Polda Sumut

Syawaluddin Pakpahan, salah satu teroris yang menyerang Polda Sumut

Syawaluddin Pakpahan, salah satu teroris yang menyerang Polda Sumut. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyebut identitas dua terduga teroris yang menyerang markas Polda Sumatera Utara.

Keduanya adalah Syawaluddin Pakpahan atau SP dan AR.

“Inisial AR umur 30 tahun dan SP umur 47 tahun,” kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Minggu (25/6/2017).

Kediaman keduanya berdekatan. AR diketahui merupakan warga Jalan Sisingamangaraja, Simpang Limun, Medan, Sumatera Utara. AR berprofesi sebagai penjual jus. Sedangkan SP merupakan warga di Jalan Pelajar Timur, Gang Kecil, Lingkungan VIII, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai. Dia berprofesi sebagai penjual rokok.

“AR ini yang meninggal, sementara SP ini kritis,” ujar Setyo.

Kedua teroris pelaku penyerangan Polda Sumut

Kedua teroris pelaku penyerangan Polda Sumut. (Tribun Medan)

Jenazah AR berada di RS Polri Medan. Sedangkan SP dirawat di RS Brimob Medan.

Setyo menyebut ada kemungkinan pelaku berpura-pura berjualan di sana guna memantau situasi Mapolda.

“Itu masih diselidiki, apakah mereka (berjualan) di situ dalam rangka melihat (situasi Polda Sumut) atau bagaimana, kan,” kata Setyo.

Dilansir Tribun Medan, pasca penyerangan, Rumah SP langsung digeledah polisi. Saat menggeledah, petugas menemukan sebuah logo ISIS di dinding bagian kanan rumah pelaku. Logo itu berukuran kurang lebih 1×0,5 meter yang didominasi cat warna dasar hitam, dan tulisan bercat putih.

Menurut kepala lingkungan (kepling) setempat, Hari Isnaini mengaku logo ISIS itu telah ada sejak tujuh tahun lalu. Namun, ketika itu warga belum mengetahui maksud logo tersebut.

Keduanya Anggota Kelompok JAD

Sementara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan dua pelaku teror merupakan bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok JAD adalah jaringan teroris yang berafiliasi dengan ISIS.

“Ini memang kita sudah mensinyalir ada sel dari kelompok JAD yang punya intel dan punya niat melakukan serangan di sana,” Jenderal Tito seusai open house di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (25/6/2017).

Tito mengatakan sampai saat ini pihaknya masih mengembangkan kasus penyerangan di pos jaga Mapolda Sumut. Dia menambahkan, dalam kejadian ini AR tewas ditembak saat penyerangan dan SP dalam kondisi kritis.

“Satu orang meninggal, satu orangnya lagi terluka tapi masih hidup. Sekarang kita lagi kembangkan,” ucapnya.

Dia menjelaskan para pelaku ini memang menjadikan polisi sebagai target utama. Alasannya, polisi dianggap para pelaku sebagai musuh utama.

Logo ISIS di rumah Syawaluddin Pakpahan

Logo ISIS di rumah Syawaluddin Pakpahan. (Detikcom)

“(Target mereka) polisi. Karena mereka kan, sekali lagi saya sampaikan, kenapa polisi, karena polisi dianggap sebagai kafir harbi,” pungkas Tito.

Kronologi Penyerangan

Kedua terduga teroris menyerang Mapolda Sumut pukul 03.00 WIB. Setelah melompat pagar di penjagaan, pelaku menyerang polisi yang tengah beristirahat di salah satu dari tiga pos penjagaan.

Ketika menyerang, menurut polisi, pelaku meneriakkan takbir. Aiptu Martua Sigalinging tewas ditikam di leher, dada, dan tangan dengan menggunakan senjata tajam.

Pelaku juga mencoba membakar ruangan pos. Salah satu rekan Aiptu Martua, Brigadir E. Ginting kemudian meminta tolong kepada anggota Brimob yang ada di pos lainnya.

Dari pos I, tiga anggota Brimob, yakni Brigadir Novendri Sinaga, Bharatu Lomo Simanjuntak, dan Brigadir Karo Sekali langsung bergerak cepat mendatangi Brigadir E Ginting. Seketika itu melakukan tembakan terhadap kedua pelaku.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: