Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ingin Meng-Ahok-kan, Pelapor Kaesang Disebut Murid Buni Yani

Muhammad Hidayat di rumahnya di Bekasi

Muhammad Hidayat di rumahnya di Bekasi. (Tribunnews.com)

Anekainfounik.net. Aktivis Mohamad Guntur Romli menyebut Muhammad Hidayat S, pelapor Kaesang Pangarep ingin meng-Ahok-kan putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut. Guntur menyebut Hidayat murid Buni Yani karena ada kemiripan pola dengan apa yang dilakukan Buni terhadap video pidato mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hal itu disampaikan Romli lewat akun Twitter miliknya, @gunromli dengan memposting artikel dari salah satu media nasional yang menulis soal pengakuan Hidayat yang mengedit video unggahan Kaesang.

“Buni Yani punya murid (emoji), harus ganda hukumannya, ujaran2 kebencian di FB dia & ngedit video unt provokasi,” tulis Guntur di akun Twitternya, Kamis (6/7/2017).

Seperti diketahui, Buni Yani dituduh mengedit video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang menyinggung soal surat Al Maidah ayat 51. Ia pun menghilangkan kata ‘pakai’ dalam transkipannya.

Video tersebut kemudian diunggah di akun Facebooknya, dan mengundang reaksi yang luar biasa hingga terjadinya aksi unjuk rasa berseri, dan berujung pada vonis dua tahun penjara kepada Ahok karena dianggap melakukan penodaan agama.

Buni Yani kemudian diproses hukum dan menjadi didakwa di dua pasal sekaligus, yakni pasal 28 ayat (2) Undang-undang Informasi dan Transaski Elektronik tentang menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian.

Selain itu, Buni didakwa melanggar pasal 32 ayat 1 UU ITE. Dalam dakwaan itu, Buni Yani didakwa telah mengubah atau mengurangi video pidato Basuki Tjahaja Purnama yang dia sebarkan melalui akun Facebook miliknya.

Sementara dikutip dari Netralnews.com dan Kompas.com, Rabu (5/7/2017), pelapor Kaesang, Hidayat, juga mengaku telah mengedit video blog (vlog) putra bungsu Presiden Joko Widodo itu. Ia menambahkan video tersebut dengan tulisan-tulisan.

Hidayat menyebut, dalam video Kaesang yang sudah diedit itu, terdapat tulisan-tulisan yang berisikan pendapat hukum sederhana yang menjelaskan adanya enam ujaran kebencian dalam unggahan akun Kaesang.

Ia juga mengatakan bahwa video hasil editan tersebut diunggah ke akun YouTube miliknya bernama Tuan Muda EL dengan judul “Akhirnya anak Jokowi diadukan ke polisi terkait penebar kebencian”.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: