Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Kritik Jokowi, Amien Rais: Perancang Perppu Ormas itu Islamofibia

Amien Rais di Masjid Raya Mujahidin Bandung

Amien Rais di Masjid Raya Mujahidin Bandung. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais meminta Tim Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berpikir ulang memberlakukan aturan tentang pembubaran organisasi masyarakat (Ormas).

“Karena, kalau dilaksanakam dan DPR mengamini, ini negeri kita khawatir kalau kesadaran umat sudah tak tertahankan mereka akan bergerak pada hal-hal yang tak kita inginkan bersama,” ujar Amien kepada wartawan setelah menghadiri silaturahmi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jabar di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Kamis (13/7/2017), seperti diberitakan Republika.

Amien menilai, langkah pemerintah menerbitkan Perppu pembubaran Ormas tersebut sebagai langkah yang fatal. Karena, itu sudah mengabaikan fakta dimasyarakat. “Perancang Perppu ini, orang yang mengidap Islamofobia,” katanya.

Nantinya, kata dia program pertama adalah HTI. Kemudian menyusul FPI serta musuh-musuh yang lain dibubarkan. Jadi, sekali pun sudah diumumkan lebih baik ditolak oleh DPR.

“Karena ini berbahaya ya. Jadi saya khawatir langkahnya Jokowi ini dari salah ke keliru. Jadi Perppu ini sebaiknya ditolak,” katanya.

Adapun kalau ada Ormas berbahaya yang menawarkan ideologi di luar pancasila, kata dia, itu tak usah dibubarkan. Tapi, dipanggil lalu diberi batas atau kekangan-kekangan tertentu kalau berbahaya.

Menurut Amien, HTI itu sebenarnya hanya kumpulan mahasiswa laki-laki dan perempuan yang berasal dari kampus yang yakin bahwa pemerintahan yang berpegang pada wahyu langit atau norma agama itu bisa menyelesaikan masalah.

“Artinya, khilafah itu pemegang kekuasaan itu orang yang beragama, cinta kebenaran tak suka kedzoliman dan lain-lain. Jadi, tolong saya mengatakan apa adanya,” katanya.

Dia mengaku khawatir langkah pemerintah ini akan memancing reaksi umat Islam yang tergabung dalam ormas-ormas tertentu. Sehingga, sambung dia, diharapkan anggota DPR bisa menolak penerbitan Perppu Ormas.

“Sekalipun Perppu sudah diumumkan, kalau bisa, ditolak DPR karena berbahaya. Saya khawatir kesabaran umat tidak tertahankan. Mereka akan bergerak,” ungkap Amien.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: