Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Jumlah Utang Bos First Travel Fantastis, Capai Rp 104 M

Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan

Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. (Tempo.co)

Anekainfounik.net. Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri terus melakukan pengembangan penyidikan kasus penipuan First Travel. Suami istri pemilik biro perjalanan umrah tersebut punya utang fantastis kepada pihak hotel dan pengurus tiket sebesar Rp104 miliar.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan utang bos First Travel yaitu Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan kepada pihak yang mengurus tiket keberangkatan calon jamaah umroh sebesar Rp 80 miliar. Sedangkan, utang kedua, kepada pihak yang mengurus hotel dan konsumsi untuk calon jamaah umroh di Arab Saudi.

“Soal First Travel. Hari ini saya mendapat laporan, bahwa tersangka atas nama AH hutang kepada dua orang. Kepada yang mengurus tiket, itu sebesar 80 miliar. Dan kepada yang mengurus hotel dan konsumsi di Arab Saudi sebesar 24 miliar. Jadi total ada hutang 104 miliar,” kata Setyo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu 20 Agustus 2017, dilansir viva.co.id.

Setyo menambahkan menerangkan, saat ini penyidik masih menelusuri kemungkinan adanya aset lain yang dimiliki oleh pasangan suami istri tersebut.

“Sebab itu saat ini Polri sedang melakuan penelitan aset atau tracing. Semoga kami bisa ketahuan aset-asetnya dimana. Baik aset bergerak maupun tidak bergerak,” ujarnya.

Dalam kasus ini, polisi juga sudah menetapkan Adik Anniesa Hasibuan, Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki, sebagai tersangka ketiga. Sekitar 35 ribu calon jemaah yang telah melunasi pembayaran umrah lewat jasa agen sejak 2015 namun tak kunjung diberangkatkan.

Andika dan Anniesa dijerat dengan Pasal 55 juncto Pasal 378 dan Pasal 372 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), serta Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan

Berita Terbaru: Aneka Info Unik

Kami tidak dapat memuat data blog saat ini.

%d blogger menyukai ini: