Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Dikaitkan Saracen Lalu Terbang ke Saudi, Eggi Sudjana Ikuti Jejak Rizieq?

Eggi Sudjana yang dikaitkan dengan Saracen

Eggi Sudjana yang dikaitkan dengan Saracen. (Tribunnews.com)

Anekainfounik.net. Belakangan ini, pengacara Eggi Sudjana meradang soal namanya yang dikait-kaitkan dengan kelompok Saracen, kelompok yang menjual jasa penyebaran informasi hoax di media sosial.

Eggi bahkan mengancam jika kepolisian ngotot ingin memeriksa dirinya padahal pihak kepolisian belum melakukan pemanggilan terhadap dirinya.

“Kalau tetap saya diperiksa, sudah terang benderang saya tidak terlibat, berarti saya jadi target. Ini namanya kriminalisasi. Tidak kriminal dibuat kriminal. Berarti ajak perang,” kata Eggi saat diskusi bertajuk ‘Saracen dan Wajah Media Sosial Kita’ di Cikini, Jakarta, Sabtu (26/8/2017).

Cara Eggi melakukan perlawanan saat namanya dikaitkan dengan kasus Saracen mirip seperti yang dilakukan kliennya, Habib Rizieq yang terjerat kasus percakapan mesum di WhatsApp dengan Firza Husein. Kala itu, Rizieq malah mengancam pemerintahan Jokowi dengan mendengungkan revolusi.

Untuk menghindari kasus ini, Eggi juga diduga mengikuti langkah Rizieq dengan pergi meninggalkan Indonesian dengan terbang ke Arab Saudi.

Kuasa Hukum Eggi Sudjana, Razman Nasution mengatakan, Eggi kini sedang berada di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Razman mengatakan, kliennya siap untuk diperiksa bila polisi membutuhkan keterangan Eggi.

Walaupun demikian, Razman memastikan Eggi tidak akan menetap di Arab Saudi, seperti yang dilakukan Rizieq.

“Saya pastikan dia (Eggi Sudjana) akan pulang, dia bukan Habib Rizieq yang tak pulang lagi,” kata Razman di Gedung Bareskrim Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Senin (28/8), seperti diberitakan CNN Indonesia.

Razman menyebut, Eggi juga akan bersikap kooperatif dan tidak akan mangkir dalam pemeriksaan. Menurut Razman, Eggi sama sekali tidak terlibat dalam struktur kepengurusan media Saracen.

“Tidak, yang mengatakan Abang (Eggi) tidak mau datang itu tidak benar, cuma saat ini Abang sedang melaksanakan ibadah haji, jadi tidak bisa datang, tapi nanti kalau sudah waktunya dia akan hadir,” kata dia.

Kata Razman, ada sejumlah orang yang dilaporkan karena menuduh Eggi tergabung dalam media Saracen diantaranya, Jasriadi ketua sindikat Saracen, Ulin Yusron, Sunny Tanuwidjaya, Deddy Mawardi, dan Rizal Kobar.

Bareskrim menangkap pengelola grup Saracen yang diduga menyebarkan ujaran kebencian. Mereka dijerat dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Sindikat pengelola grup Saracen memasang tarif puluhan juta bagi pihak-pihak yang ingin memesan konten ujaran kebencian dan bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Sebelumnya, Analis Kebijakan Madya Bidang Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Sulistyo Pudjo Hartono menyatakan, ketua pengurus Saracen, Jasriadi mengakui menjadikan Eggi penasihat kelompok tersebut atas saran Rijal Kobar. Namun, kemudian lewat media massa Jasriadi mengatakan tidak mengenal Eggi Sudjana.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: