Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Kesaksian Inayah, Istri Siri Andy Narogong Soal Bisnis dan Aset Sang Suami

Inayah (kanan) saat bersaksi di sidang e-KTP Andi Naragong (kiri)

Inayah (kanan) saat bersaksi di sidang e-KTP Andi Naragong (kiri). (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Sidang kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Andi Agustinus Narogong kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017). Ada 4 saksi yang akan memberikan keterangan dalam sidang kali ini. Mereka adalah istri Andi bernama Inayah, adik Andi bernama Vidy Gunawan, Ketua Tim Teknis Uji Petik e-KTP Munawar Ahmad, serta dua orang swasta, yakni Ferry Haryanto dan Meliana.

Andi Narogong diketahui lahir pada 1973 dan beragama Kristen. Sedangkan Inayah kelahiran 1974 dan beragama Islam. Inayah tampil cantik dengan mengenakan kemeja berwarna merah dan rok hitam. Rambutnya panjang tergerai dengan cat rambut berwarna pirang.

Seperti biasa sebelum mendengarkan keterangan para saksi, terlebih dahulu Ketua Majelis Hakim membacakan identitas mereka.

Lalu pada bagian akhir dari pembacaan identitas tersebut, Hakim biasanya menanyakan hubungan saksi dengan terdakwa. Hal itu juga ditanyakan juga pada Inayah oleh Ketua Majelis Hakim, John Halasan Butarbutar.

“Ada hubungan keluarga dengan terdakwa?” tanya hakim ketua John Halasan Butar-butar kepada Inayah.

“Istri,” jawab Inayah.

Lantaran memiliki hubungan keluarga, Inayah ditanya mengenai apakah tetap akan bersaksi untuk Andi atau tidak. Inayah menjawab akan tetap bersaksi.

Jaksa Irene Putri lantas menyatakan keduanya tak punya akta pernikahan atau menikah siri pada tahun 2005. Meski begitu, jaksa dan penasihat hukum tak keberatan atas tidak adanya akta tersebut. “Secara hukum negara, yang bersangkutan tidak punya akta pernikahan,” tutur jaksa Irene.

Bisnis dan Usaha Andy dan istri

Dari kesaksian Inayah, Andi ternyata memiliki banyak unit usaha. Pria yang hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu punya usaha karoseri, sampai properti.

“Apa sebenarnya pekerjaan suami Anda?” tanya Ketua Majelis Hakim Jhon Halasan Butarbutar kepada Inayah.

Menurut Inayah, Andi memiliki usaha di bidang garmen. Dalam beberapa persidangan sebelumnya, Andi disebut beberapa saksi sebagai pengusaha konveksi. Andi pernah mengaku bahwa ia menawarkan diri kepada Setya Novanto, untuk menjadi rekanan yang mengerjakan kaos dan atribut kampanye Partai Golkar.

Selain itu, menurut Inayah, suaminya memiliki Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE). Namun, ia tidak menjelaskan di mana lokasi SPBE milik Andi. Suaminya itu juga dikatakan memiliki usaha karoseri atau produsen pembuat bodi mobil, bus, atau truk. Kemudian, Andi juga memiliki perusahaan di bidang properti. “Pekerjaan suami di bidang garmen, karoseri, ada SPBE, ada properti juga,” kata Inayah.

Beberapa perusahaan yang dimiliki Andi yakni, PT Cahaya Wijaya Kusuma, PT Lautan Makmur Perkasa, PT Aditama Mitra Kencana dan PT Armor Mobilindo. VIVA.co.id pernah mewartakan bahwa perusahaan-perusahaan itu diberikan Andi untuk dinakhodai kakak Ipar dan adik kandungnya.

Dalam sidang, Inayah mengonfirmasi aset-aset yang dimiliki Andi mulai dari aset tanah, bangunan, hingga kendaraan.

“Waktu di penyidikan Saudara ditanya sejumlah aset Andi Narogong dan semua Anda benarkan. Ada misalnya 1 unit mobil Range Rover Sport warna hitam tahun 2015, 1 unit Toyota Alphard B-30, terus 1 deret rangkaian aset ini dari nomor 1 sampai 18 mulai dari aset tanah dan bangunan di Tebet Timur, dan seterusnya,” tutur hakim John Halasan di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

“Memang benar, punya,” jawab Inayah.

Inayah mengaku mendapat uang dari Andi biasanya berupa cash dan transfer. Hakim kemudian bertanya soal apakah Andi memang orang kaya atau tidak.

“Berarti orang kaya ya suamimu? Suamimu orang kaya memang?” tanya hakim.

“Mungkin,” jawab Inayah.

Hakim juga bertanya mengenai kepemilikan rekening dan perusahaan atas nama Inayah. Inayah mengaku memiliki beberapa rekening di sejumlah bank.

Selain itu, dia menjadi pemilik di sejumlah perusahaan yang berbentuk PT. Perusahaan tersebut adalah Selaras Clorin Pratama, Inayah Properti Indonesia, dan Prasetya Putra Naya.

Inayah Properti Indonesia, diakui Inayah, belum dipakai. Sedangkan Prasetya Putra Naya diatasnamakan adiknya.

“Itu atas nama adik saya, untuk di bidang salon, kecantikan,” tutur Inayah.

Inayah juga sempat ditanya soal Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S Sugiana. PT Quadra Solution merupakan perusahaan anggota Konsorsium PNRI yang menjadi pemenang lelang proyek e-KTP.

Inayah, mengaku punya bisnis yang bergerak di bidang penyediaan barang dan jasa. Inayah menyediakan perlengkapan TNI dan Polri, mulai rompi antipeluru hingga water cannon.

“Menyediakan barang dan jasa. Logistik Polri dan Angkatan Darat, Kaporlap, ada peralatan. Kaporlap seperti topi, T-shirt,” kata Inayah saat ditanya jaksa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

Inayah menjelaskan pengadaan barang dan jasa tersebut berbentuk proyek. Nilai proyek beragam, dengan angka tertinggi di atas dari Rp 10 miliar.

“Bermacam-macam, Rp 1 miliar, Rp 2 miliar, Rp 5 miliar. Pernah pengadaan water cannon di atas Rp 10 miliar. Tapi sudah beberapa tahun ini, 7-8 tahun ini, sudah tidak. Terakhir 2010,” jelasnya.

Sebelumnya, majelis hakim mengkonfirmasi bisnis Inayah yang tertuang dalam BAP saat diperiksa penyidik.

“Yang diterangkan di BAP Anda katakan jenis pekerjaan yang saya laksanakan TNI AD, Polri, penyediaan T-shirt loreng hijau, ponco baret, emblem dan perlengkapan lapangan lain, benar?” tutur majelis hakim.

“Betul juga,” jawab Inayah.

“Juga pengadaan peralatan kepolisian AWC (armored water cannon) benar? Rompi antipeluru?” tanya majelis hakim lagi.

“Benar,” jawab Inayah.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: