Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Soal Saracen, Eggi Sudjana Polisikan Jasriadi, Deddy Mawardi dan Sunny

Eggi Sudjana melaporkan tiga orang terkait Saracen

Eggi Sudjana melaporkan tiga orang terkait Saracen. (viva.co.id)

Anekainfounik.net. Eggi Sudjana diwakili kuasa hukumnya Razman Nasution mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Pusat untuk melaporkan ketua organisasi sindikat penyebar ujaran kebencian Saracen, Jasriadi. Kuasa hukum Eggi juga ikut melaporkan Kabid Seknas Joko Widodo Deddy Mawardi dan eks staf Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Sunny Tanuwijaya.

Nama Sunny pernah disorot ketika diisukan ikut berperan dalam pembahasan Raperda Reklamasi. Krisna Murti, Pengacara Sanusi tersangka kasus suap Reklamasi Pantai Utara Jakarta menuding Sunny menjadi perantara Pemerintah DKI Jakarta dengan PT Agung Podomoro Land (APL) Tbk.

Terkait laporan Eggi, ketiga orang itu disebutRazman telah melakukan fitnah terhadap kliennya itu terkait keterlibatan di grup Saracen. Laporan tersebut diterima pihak Bareskrim dengan nomor laporan LP/866/VIII/2017/BARESKRIM.

“Kami melaporkan pertama Jasriadi, Deddy Mawardi dan Sunny Tanuwijaya,” kata Razman di Bareskrim Mabes Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (28/8).

Razman Arif Nasution di Bareskrim

Razman Arif Nasution di Bareskrim. (kumparan.com)

Deddy Mawardi dilaporkan karena dianggap telah menyebut-nyebut nama Eggi sebagai pihak yang 99 persen terlibat grup Saracen. Deddy bahkan menyebut Eggi seharusnya diperiksa dan segera diusut atas keterlibatannya dalam grup Saracen yang menyebar hoax dan ujaran kebencian.

“Beliau mengatakan bahwa diduga saudara Eggi ini sudah hampir 99 persen kira-kira begitu ya, bahwa Eggi Sudjana ini orang yang harus diperiksa dan diusut tuntas,” katanya.

“Maksud kita, kita pun menduga beliau menyatakan itu, tapi bahasanya sangat luar biasa provokatif, yaitu ini bahasanya ‘dukung Kapolri sikat habis kelompok Saracen’. Kalimat yang paling sadis di bawah adalah kita sudah ambil dari kita melaporkan ini ke Bareskrim, nanti di Undang-undang ITE,” ujarnya menambahkan.

Pelaporan terhadap Jasriadi dikarenakan dirinya memasukkan nama Eggi dalam struktur Saracen.

“Kami melaporkan Jasriadi dan teman-temannya. Kenapa dilaporkan? Karena membawa-bawa nama Eggi Sudjana. Jasriadi mengatakan bahwa dia juga menyebut ada pembicaraan, katanya masukan nama Eggi Sudjana atas saran saudara Rizal Kobar,” katanya.

Selanjutnya, Sunny dilaporkan karena dirinya menurut Eggi membiayai laman sebuah media opini online, Seword.com. Laman tersebut membuat artikel berjudul “Penjarakan Eggi Pembina Saracen yang Hina Ahok” yang ditulis Hans Sebastian.

“Kemudian dari Seword.com, kita laporkan juga. Kemudian Sunny Tanuwidjaja itu diduga dia membiayai sesuai dengan online yang beredar,” ujarnya.

Surat Laporan Razman Arif Nasution

Surat Laporan Razman Arif Nasution. (Kumparan.com)

Selain itu, aktivis sosial media Ulin Yusron dilaporkan terkait dengan posting-an di Twitter.

“Ulin telah mem-posting foto Prabowo layaknya Hitler,” sambung Razman.

Lebih lanjut, Razman menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Cyber Crime Bareskrim Polri terkait permasalahan yang menjerat Eggi seputar dugaan keterlibatan dalam sindikat Saracen.

“Seperti yang sudah kita duga dan terawang, kasus ini termasuk dalam pasal 45 ayat 3 dengan perubahan atas Undang-Undang ITE 11 tahun 2008 dan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara,” katanya.

Razman berharap Bareskrim segera menindaklanjuti aduan kliennya dengan cepat seperti ketika polisi memproses Jasriadi yang disebut-sebut sebagai pemimpin kelompok Saracen.

Eggi sendiri saat ini dikabarkan sedang menjalankan ibadah haji dan baru berangkat tadi malam. Namun, keberangkatan mantan pengacara First Travel itu menurut Razman bukan upaya Eggi untuk mangkir dari pemeriksaan.
Eggi Sudjana, kata Razman, akan tetap kooperatif dan melakukan pemeriksaan secepatnya setelah pulang dari Arab Saudi.

“Saya pastikan akan pulang, dia bukan Habib Rizieq yang enggak pulang,” jelas Razman.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: