Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Hate Speech di Medsos, Jonru Dipolisikan Muannas Al Aidid

Jonru dipolisikan karena hate speech

Jonru dipolisikan karena hate speech

Anekainfounik.net. Penulis dan aktivis media sosial (medsos), Jon Riah Ukur Ginting atau Jonru dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Advokat Muda sekaligus politisi Partai NasDem, Muannas Al Aidid, Kamis (31/8) sore tadi pukul 18.45 WIB. Jonru dilaporkan atas dugaan hate speech melalui media sosial.

Dalam laporan bernomor: LP/4153/VIII/2017/PMJ/Dit Reskrimsus, Muannas menyebut akun media sosial Jonru, baik twitter, facebook, dan instagram dalam kurun waktu Maret hingga Agustus 2017, mengandung unsur SARA yang berpotensi menimbulkan perseteruan.

“Jadi itu untuk Jonru, kurun waktu Maret 2017 sampai Agustus 2017, itu dia diduga muatannya membangun membuat perseteruan, membedah setiap sentimen agama dan etnis tertentu,” ujar Muannas, Kamis, seperti diberitakan Kumparan.com

Melalu akun twitternya, Muannas yang akun Twitter miliknya sudah diblokir oleh Jonru, berharap pihak kepolisian segera bekerja menindaklanjuti laporan tersebut karena sudah ada delik aduan.

Dia juga meminta Menkominfo Rudiantara memblokir semua akun Jonru di media sosial.

“Menkominfo harus memblokir semua akun Jonru, di instagram, twitter, dan facebook,” kata Muannas.

Muannas juga punya alasan mengapa melaporkan hanya Jonru saja. Walau banyak akun lain yang diduga melakukan hate speech.

“Siapa enggak kenal Jonru? Saat ini kami fokus pada Jonru, karena statusnya provokatif menyinggung etnis dan agama tertentu,” tuturnya.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono yang dikonfirmasi membenarkan soal laporan ini. Menurut Argo, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan.

“Ya, betul (dilaporkan),” ujar Kombes Argo, Kamis, dilansir Detikcom.

Belakangan ini, Jonru memang menjadi bahan pembicaraan netizen karena mengamuk saat tampil dalam acara ILC di tvONE pada Selasa (29/8) malam lalu. Peristiwa tersebut berawal saat Anggota Komisi III DPR-RI Akbar Faisal bertanya terkait unggahan Jonru di Facebook yang menyebut Presiden Joko Widodo tak memiliki orang tua yang jelas.

Iklan

Diskusi

One thought on “Hate Speech di Medsos, Jonru Dipolisikan Muannas Al Aidid

  1. memang sukar , semuanya facebook mesti kena tangkap

    Posted by dietdietsihat | Agustus 31, 2017, 9:16 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: